Dinas Pertanian Agam

Hewan Qurban 2017 di Agam Diprediksi Turun

Lubuk Basung, KAB12.com — Pemkab. Agam , proyeksikan pemotongan hewan qurban mencapai 4.774 ekor pada Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah.

Kepala Dinas Pertanian kabupaten Agam Afdhal mengatakan, jumlah 4.774 itu terdiri dari, 4.686 sapi dan 88 ekor kambing.

“Tahun ini ada kecenderungan penurunan pemotongan hewan qurban dibandingkan tahun lalu, sekitar 10 persen. Sebelumnya pemotongan hewan qurban di Agam mencapai 5.003 ekor, namun menurut data sementara, tahun ini diperkirakan sekitar 4.774 ekor yang terdiri dari 4.686 sapi dan 88 ekor kambing,” ujarnya pada KABA12.com, Senin (14/08).

Menurutnya, penurunan jumlah potong hewan qurban itu karena perilaku konsumen yang menahan untuk tidak konsumtif. Akibat berbenturan dengan tahun ajaran baru pendidikan, dan faktor ekonomi dari masyarakat sendiri.

Afdhal menjelaskan, sapi qurban ini berasal dari kabupaten Agam dan beberapa daerah tetangga seperti, kabupaten Solok, Tanahdatar, Payakumbuh, dan Pesisir Selatan.

“Biasanya masyarakat Agam cenderung memotong hewan qurban dari sapi lokal dan ada beberapa sapi simental atau brahman,” ulasnya.

Sementara untuk syarat hewan qurban, sehat, tidak cacat, jantan, cukup umur dengan usia dua tahun untuk sapi dan satu tahun untuk kambing.

Hewan qurban yang akan dipotong ini nantinya akan diperiksa para medis peternakan. Setelah itu dikeluarkan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH).

“Petugas akan memberikan SKKH bagi hewan yang dinyatakan sehat dan memenuhi syarat untuk disemblih sebagai hewan qurban. Apabila tidak memiliki surat ini, maka tidak boleh dipotong,” katanya.

(Jaswit)

To Top