Kaba Agam

Sitanang Direndam Banjir, 17 KK Dievakuasi Tim Gabungan

Banjir besar landa wilayah Gantiang Sitanang, kecamatan Ampek Nagari, setidaknya 17 kepala keluarga dievakuasi tim gabungan ke lokasi aman.
(Foto: istimewa)

Sitanang, kaba12.com — Dampak curah hujan berkepanjangan sejak Minggu siang memicu banjir besar di wilayah Jorong Gantiang, Nagari Sitanang, kecamatan Ampek Nagari.

Dampak banjir besar, yang kerap merendam wilayah itu jika curah hujan tinggi itu, menyebabkan areal pemukiman warga terendam banjir, bahkan laporan awal yang diperoleh kaba12.com dari tokoh masyarakat setidaknya 17 kepala keluarga (rumah) terendam dan Minggu malam tengah dievakuasi oleh tim gabungan.

Informasi yang diperoleh kaba12.com, kawasan yang sejak beberapa tahun terakhir selalu terdampak banjir jika curah hujan tinggi itu, saat ini tengah ditangani oleh tim gabungan BPBD Agam yang menurunkan perahu karet untuk mengevakuasi warga yang terisolasi akibat banjir, dibantu personil TNI-Polri yang langsung turun ke lokasi kejadian untuk membantu penanganan dampak banjir.


Banjir besar landa wilayah Gantiang Sitanang, kecamatan Ampek Nagari akibat hujan lebat yang mengguyur wilayah sejak Minggu pagi.
(Foto: istimewa)

Sementara informasi yang diperoleh kaba12.com Minggu,(23/1) hingga pukul 22.00 WIB, tim gabungan setidaknya sudah mengevakuasi 17 KK yang terdampak banjir yang merendam kawasan perkampungan di Gantiang, Sitanang tersebut.

Seluruh warga yang terdampak, dievakuasi ke lokasi yang lebih aman, terutama rumah warga yang berada tak jauh dari lokasi banjir.

Penanganan dampak banjir di Sitanang itu, disebutkan Bambang Warsito, kepala BPBD Agam tengah dilakukan tim gabungan BPBD Agam dibawah Kabid.KL BPBD Agam yang turun ke lapangan bersama perangkat pendukung berupa perahu karet, dan perlengkapan lain.

“ Kita masih memantau perkembangan penanganan banjir di Gantiang Sitanang itu. Termasuk update informasi dampak curah hujan tinggi di beberapa wilayah di kabupaten Agam, “ sebut Bambang Warsito yang menyebut, pihaknya bersama tim pendukung tengah bersiap ke Sitanang untuk memantau proses evakuasi warga.

Sementara update data dari lokasi kejadian sendiri masih sulit diperoleh, mengingat wilayah Gantiang, Sitanang, kecamatan Ampek Nagari merupakan salah satu kawasan di kabupaten Agam masih “blank spot” sinyal selular. Namun diyakinkan, warga terdampak banjir sudah dievakuasi oleh tim gabungan ke lokasi aman.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top