Kaba Terkini

Simpang IV Tapi-Batu Palano Direndam Banjir, Rumah Warga dan Mesjid Terdampak

Lubukbasung, kaba12.com — Dampak hujan lebat yang terjadi Selasa,(6/12) sore ini memicu banjir di berbagai lokasi. Informasi yang diperoleh kaba12.com, dampak cukup parah dialami warga di sepanjang kawasan Simpang IV Tapi sampai ke Batu Palano, Lubukbasung, yang menyebabkan rumah dan mesjid ikut direndam banjir.

Kondisi ini, diinformasi warga setempat sudah sering terjadi, bahkan sudah kerap dilaporkan warga pada aparat terkait, mulai dari walijorong, walinagari, aparat kecamatan bahkan Pemkab. Agam, namun hingga kini belum ada penangganan konkrit.

Seperti dampak hujan lebat dengan durasi yang cukup panjang Selasa sore ini, menyebabkan ruas jalan sepanjang hampir 1 km terendam, termasuk pemukiman warga yang berada lebih rendah dari jalan, “ yang rutin terendam ada 6 rumah dan 1 mesjid, “ ungkap Danil, pemuda Batu Palano, kepada kaba12.com.

Disebutkan, penyebab luapan banjir akibat tidak adanya saluran drainase di seberang jalan, sehingga air melimpah ke badan jalan, dan memenuhi pemukiman warga yang berada di sebelahnya karena berada di posisi lebih rendah.

Ditambahkan, kondisi ini sudah cukup lama berlangsung dan diharapkan pemerintah segera turun tangan karena dampaknya sangat merugikan warga, “ tiap hujan, jalan tidak bisa dilewati, banyak rumah warga yang terendam, “ sebut Danil.

Hal serupa disebutkan Fadli, yang menyebutkan rumah dan kedainya kerap terendam banjir jika hujan lebat mengguyur, “ saluran drainase hanya sebelah, itupun sangat kecil sehingga tidak bisa menampung debit air yang sangat besar, “ ungkapnya.

HARMEN

To Top