Kaba Terkini

Hujan Lebat Dera Lubukbasung, Rumah Warga Tergenang Banjir

Lubukbasung, kaba12.com — Hujan lebat yang mengguyur wilayah Lubukbasung, Selasa,(6/12) sore, memicu beragam dampak pada warga.

Akibat tingginya curah hujan dengan durasi yang cukup lama, di beberapa lokasi, mulai digenangani banjir. Informasi yang diperoleh kaba12.com, banjir mayoritas memenuhi jalan-jalan utama kota, bahkan mulai merendam rumah warga.

Seperti halnya di Batu Palano, Lubukbasung, akibat curah hujan tinggi ditambahkan tak jelasnya saluran drainase di kawasan itu, membuat aliran air dampak hujan lebat memenuhi badan jalan, bahkan sampai ke rumah-rumah penduduk.

Kondisi ini diinformasi warga sudah cukup lama berlangsung, apalagi sejak dampak cuaca ekstrem dengan curah hujan tinggi beberapa bulan terakhir, rumah dan pekarangan warga jadi langganan banjir.

Seperti disebutkan Fadli, warga Batu Palano, Nagari Lubukbasung yang mengeluh, setiap hujan halaman dan rumahnya kerap digenangi banjir, termasuk rumah-rumah warga yang berada di sepanjang ruas jalan di kawasan itu.

Dijelaskan, kondisi ini sudah berlangsung cukup lama, bahkan pihaknya sudah sering melaporkan kejadian itu pada pihak berwenang, dengan harapan bisa segera diperbaiki dan diantisipasi oleh pemerintah, karena pembersihan secara manual oleh warga setempat sudah tidak mempan lagi.

“ Kami kerap goro membersihkan areal itu, namun badan jalan yang lebih rendah dibanding lahan perumahan warga di sebelah kanan, membuat air hujan memenuhi badan jalan dan melimpah ke rumah warga, “ sebutnya.

Kondisi serupa dilaporkan warga di SImpang Batu Palano, Simpang Ampek Tapi, Pulai dan beberapa lokasi lain yang kerap terendam banjir jika curah hujan tinggi di wilayah Lubukbasung. Sejauh ini, belum diperoleh informasi dampak curah hujan tinggi yang terjadi Selasa ini di wilayah lain di kabupaten Agam.

HARMEN

To Top