Kaba Terkini

Lubukbasung Dikepung Banjir, Air Mengalir Deras di Jalan dan Rumah Warga

Lubukbasung, kaba12.com — Dampak hujan lebat yang wilayah Lubukbasung selama lebih dari 2 terakhir, memicu banjir di berbagai lokasi. Bahkan, kawasan pusat pemerintahan kabupaten Agam itu seakan terkepung oleh banjir dari berbagai sudut.

Informasi yang diperoleh kaba12.com, banjir yang dipicu tak “sanderehnya” saluran drainase dan irigasi di kawasan pusat kota, karena tak kuasa menampung debit air akibat hujan lebat dengan durasi yang cukup panjang Selasa sore ini.

Informasi yang dihimpun kaba12.com dari Ismi Harja, warga Hilir Pasar Lubikbasung menyebutkan, banjir terjadi khususnya di lokasi “ jalan layang “ depan Hotel Mustika yang menghambat saluran air sehingga tumpah ke rumah-rumah penduduk, bahkan mengalir deras ke hilir jalan,kearah Cubadak, Lansano, Lapau Talang sampai ke Simpang Tigo.

“Jalan yang ditinggikan (jalan jalan special) di depan Hotel Mustika, membuat aliran air tersekat, yang mengalir ke rumah penduduk yang lebih rendah dan kearah hilir, “ ungkapnya.

Banjir serupa juga terjadi di aliran Bandar Baru yang mengalir sampai ke depan kantor Bupati Agam, yang meluap hingga memenuhi badan jalan. Kondisi serupa juga terjadi di Simpang IV Tapi-Batu Palano yang disebutkan warga setempat, kawasan itu sudah cukup lama menjadi langganan banjir.

Kondisi serupa dialami warga Ujuang Labuah, Surau Kariang sampai ke Pulau yang Selasa sore ini menjadi kawasan mirip danau karena tumpahan banjir bermuara ke wilayah itu, “ banjir penuhi areal perkebunan warga dan sebagian rumah penduduk,” sebut Adedi,warga Pulai.

Sejauh ini, belum diperoleh informasi dari pihak berwenang, upaya penanganan yang dilakukan, termasuk data terdampak banjir yang dialami warga sepanjang Selasa sore ini . Namun, dampak hujan deras yang terjadi Selasa sore tersebut, membuat warga banyak menghentikan aktivitas, karena kuatir luapan banjir semakin membesar.

HARMEN

To Top