Kaba Terkini

Silek Taralak Panti-kaba12.com Siapkan Murid Tangguh Berbudi

Lubukbasung, kaba12.com — Perguruan silek tradisi taralak Panti Putra-kaba12.com, siapkan murid tangguh berbudi sesuai dengan komitmen mendorong kemajuan generasi muda yang berbudi,taat beribadah, berilmu, berakhlak dan berbudaya, serta hadir sebagai pencerah kehidupan masyarakat luas, terus berupaya melebarkan sayap dengan pembinaan yang konsisten terhadap seluruh murid.

Saat ini tercatat 27 orang murid, yang seluruhnya adalah anak asuh panti asuhan putra Muhammadiyah dari berbagai tingkatan usia, dibina khusus dengan latihan rutin dua kali sepekan dibawah binaan Syahril Chan Inyiak Danau yang juga anggota dewan pendekar IPSI Agam dan St.Makmur pelatih utama, dengan dewan kehormatan H.Dabesri Bara Dt.Bagindo dan Khairil pengurus perguruan sudah menyiapkan berbagai program pembinaan.

Seperti disebutkan Syahril Chan Inyiak Danau, keberadaan perguruan silek taralak Batang Sibarasok Panti Asuhan Putra-kaba12.com itu, justru menjadi salah satu hal yang beda. Pasalnya, tak hanya dalam aspek pembinaan seni budaya tradisi yang dikedepankan pihaknya, tapi juga aspek tanggung jawab bersama terhadap keberadaan dan eksistensi anak-anak asuh di panti asuhan yang harus menjadi tanggung jawab bersama.

Dari sisi pembinaan dan pengembangan seni tradisi, khususnya pencak silat, tari galombang, tambua tansa, pasambahan dan jenis tradisi lain yang akan dikembangkan di perguruan tersebut, “ini bekal untuk masa depan mereka, kami memberi bekal para anak asuh panti asuhan putra dengan melatih mereka,” sebut Syahril Chan Inyiak Danau dengan mata berkaca-kaca.

Syahril Chan Inyiak Danau mengaku ikut bertanggungjawab terhadap masa depan anak-anak asuh panti asuhan itu, “itu yang bisa saya lakukan untuk mereka, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk masa depan mereka kelak,” sebut anggota dewan pendekar IPSI Agam itu lagi.

Ketua dewan pendekar perguruan panti asuhan putra-kaba12.com itu, berharap dukungan dan perhatian serupa bisa dilakukan berbagai pihak untuk seluruh panti yang ada di kabupaten Agam, “kami terkesan dengan harapan Kadinas Sosial Agam, yang berharap IPSI Agam bisa mendorong seluruh panti asuhan di kabupaten Agam punya sasaran(perguruan) sendiri, ini jadi bahan catatan bagi kami,” sebutnya.

Disisi lain, Syahril Chan Inyiak Danau mengungkap rasa bangga atas perhatian dan dukungan yang diberikan berbagai pihak yang pada perguruan silek tradisi taralak yang dikelolanya tersebut, “ini wujud kebersamaan dan perhatian luar biasa, mudah-mudahan impian kami terwujud,” sebutnya lagi.

Perguruan silek tradisi taralak Batang Sibarasok Panti Putra-kaba12.com yang baru diresmikan dan terdaftar sebagai anggota IPSI Agam itu, dalam waktu dekat merencanakan pengadaan tambua tansa, dan perangkat kesenian tradisi, dengan melatih anak-anak panti asuhan sebagai pemain.

(Harmen)

To Top