DPRD Agam

Serap Aspirasi, Anggota DPRD Agam Dapil V Dialog Dengan Warga Sungai Pua

Sungai Pua, kaba12.com — Beragam persoalan sosial yang dialami masyarakat di Kecamatan Sungai Pua mengapung saat kunjungan sejumlah Anggota DPRD Agam dari daerah pemilihan (Dapil) V Agam, Selasa (3/8).

Persoalan yang mencuat mulai dari kelangkaan dan tingginya harga pupuk hingga masih terdapatnya satu jorong yang belum tersentuh layanan penerangan listrik.

Selain itu juga mencuat sederet aspirasi dari masyarakat tentang peningkatan pembangunan fisik secara berkelanjutan dan merata di wilayah itu.

Seperti relis yang diterima kaba12.com dari Hasneril Kasubag. Humas-Protokol Sekretariat DPRD Agam menjelaskan, dalam kunjungan itu, Camat Sungai Pua, Syafrizal mengatakan, wakil rakyat merupakan penyambung harapan masyarakat.

Diharapkan, segenap aspirasi masyarakat di Kecamatan Sungai Pua dapat diperjuangkan Anggota DPRD Agam di Dapil V tersebut.

Menurut Camat, kegiatan reses merupakan momentum bagi masyarakat maupun bagi anggota DPRD untuk berkomunikasi dan berdialog dengan masyarakat secara langsung.

“Semoga aspirasi yang kami sampaikan ini dapat jadi masukan dan saran serta kontribusi dari masyarakat untuk membangun Agam, khususnya nagari-nagari di Kecamatan Sungai Pua ke depannya,” kata Syafrizal.

Dijelaskan, ada sederet persoalan sosial yang dialami masyarakat di Kecamatan Sungai Pua yang membutuhkan perhatian khusus Anggota DPRD untuk mengatasinya.

Diantaranya, masih ada satu jorong di Nagari Sariak yang belum tersentuh penerangan listrik hingga kini.

Kemudian di Nagari Batagak, masyarakat kerap dihadapkan dengan kelangkaan pupuk, harga yang tinggi dan sulitnya mendapatkan pupuk bersubsidi.

Termasuk persoalan klasik penanganan sampah kiriman ke Batagak yang berbatasan dengan Padang Panjang.

Disamping itu, ulasnya, masyarakat juga berharap kepada anggota dewan agar mengupayakan untuk membangkitkan kembali geliat ekonomi di Pasar Amor, Batu Palano, mendorong peningkatan UMKM, pengembangan sektor pariwisata nagari, keagamaan, pendidikan, pertanian dan infrastruktur.

Menanggapi itu, Anggota DPRD Agam Dapil V, Aderia selaku juru bicara rombongan mengatakan, semua aspirasi dan temuan di lapangan serta harapan masyarakat ketika reses, akan dirangkum dan menjadi kewajiban untuk ditindaklanjuti.

Disebutkan,masalah itu menjadi aspirasi yang akan disampaikan pihaknya ke pemerintah daerah, baik kabupaten, provinsi hingga ke pusat.

Menurutnya, kegiatan reses merupakan komunikasi dua arah antara setiap anggota legislatif dengan konstituennya.

Ditambahkan, pelaksanaan reses sudah menjadi agenda wajib bagi anggota dewan dalam rangka menampung aspirasi dan membangun silaturahmi dengan masyarakat di daerah pemilihan.

“Nantinya, hasil reses yang dilaksanakan akan menjadi pokok-pokok pikiran dewan untuk dibahas bersama dengan pemerintah daerah, “ujarnya.

Anggotan DPRD Dapil V yang melakukan reses di Kecamatan Sungai Pua yakni Erdinal, Guswardi, Fery Adrianto, Aderia, Asrizal, Zulfahmi, Salman Linover dan Zulhendrif Bandaro Labiah yang disambut Camat Sungai Pua, Syafrizal, Wali Nagari se Kecamatan Sungai Pua dan tokoh-tokoh masyarakat setempat.

HARMEN

To Top