Kaba Agam

Sempat Tertimbun Longsor, Akses Jalan Lingkar Danau Maninjau Sudah Bisa Dilalui

Tanjung Sani, KABA12.com — Akses jalan lingkar Danau Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam saat ini sudah bisa dilalui kendaraan. Sebelumnya jalur tersebut sempat terputus total akibat tertimbun material longsor.

Camat Tanjung Raya Handria Asmi mengatakan, akses jalan tersebut dibuka dan bisa dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat pada Selasa (21/12) sore sekitar pukul 17.00 WIB.

“Kendaraan sudah bisa melewati jalan lingkar Danau Maninjau setelah dilakukan pembersihan material longsor di Jorong Muko Jalan, Nagari Tanjung Sani,” kata Handria Asmi saat dikonfirmasi KABA12.com, Rabu (22/12).

Ia menyebutkan, proses pembersihan material longsor yang menutupi badan jalan kabupaten itu dibantu dengan dua unit alat berat excavator.

“2 unit excavator milik BWS Sumatera V dan Dinas PUTR Agam diturunkan untuk memaksimalkan pembersihan material longsor. Alhamdulillah sekarang sudah hampir selesai,” ujarnya.

Handria menambahkan, saat ini petugas gabungan tengah melakukan penyemprotan sisa material longsor yang ada di badan jalan.

“Armada Damkar dikerahkan untuk melakukan penyemprotan sisa material longsor. Tujuannya untuk memberikan kenyamanan bagi pengendara yang melintas,” katanya.

Sebelumnya diberitakan bencana longsor melanda Nagari Tanjung Sani pada Sabtu (18/12) kemarin akibat curah hujan yang tinggi. Longsor tersebut menyebabkan akses jalan lingkar Danau Maninjau dari Nagari Tanjung Sani menuju Nagari Sungai Batang putus total akibat tertimbun material setinggi 2 hingga 4 meter.

Selain menutup badan jalan, material longsor berupa lumpur, batu, dan kayu juga mengenai 3 unit rumah warga tepatnya di Jorong Pantas.

(Bryan)

To Top