Kaba Terkini

Sebelum Dilantik, Calon Kepsek di Agam Harus Miliki Sertifikat

Lubukbasung, KABA12.com — Puluhan calon kepala sekolah di Agam mengikuti diklat yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Agam, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Senin (12/8) di Hotel Sakura Syariah, Lubuk Basung.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam, Isra, sebelum 70 calon kepala sekolah tersebut dilantik, mereka harus memiliki sertifikat kepala sekolah dari Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS).

“Mereka harus memiliki sertifikat itu dulu, baru bisa dilantik. Meskipun mereka lulus sebagai calon kepala sekolah,”katanya.

Sementara itu, hal serupa juga diungkapkan perwakilan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS), Yusnaini Agustina, yang juga sebagai narasumber pada kegiatan tersebut, penambahan calon kepala sekolah diseluruh Indonesia dilatarbelakangi karena perubahan regulasi Permendikbud nomor 6 tahun 2018, tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah.

“Artinya, kalau dulu guru diberi tugas tambahan sebagai kepala sekolah, sekarang guru hanya diberi tugas sebagai kepala sekolah saja, mereka tidak dibolehkan mengajar,” katanya

Kemudian, dalam regulasi lainnya, para kepala sekolah hanya bisa maksimal menjadi kepala sekolah selama empat periode (16 tahun). Setelah itu, mereka akan kembali menjadi seorang pengajar/guru biasa. Berbanding terbalik dengan regulasi sebelumnya, bahwa saat itu jabatan kepala sekolah dibolehkan sampai masa pensiun.

(Virgo/*)

To Top