Pariwisata

Sarasah Sitalang, Wisata Alam Unggulan Ampek Nagari

Ampek Nagari, Kaba12.com — Kabupaten Agam memiliki banyak wisata air terjun yang sangat indah. Salah satunya adalah Sarasah Sitalang yang terletak di Nagari Sitalang, Kecamatan Ampek Nagari, Kabupaten Agam.

Dalam bahasa Minang, sarasah berarti air terjun, jadi banyak tempat wisata air terjun dengan penamaan sarasah.

Saat ini sarasah (air terjun) Sitalang menjadi salah satu objek wisata alam unggulan kecamatan Ampek Nagari. Pasalnya tidak banyak

Sarasah Sitalang ini memiliki ketinggian ± 6 meter. Diapit oleh bebatuan besar membuat air terjun ini mempunyai daya tarik tersendiri.

Suara dentuman air dan ketenangan hutan membuat para pengunjungnya seakan terhipnotis oleh keindahan alam nagari Sitanang. Tak hanya itu, suara kicauan burung juga membuat suasana menjadi rileks.

Biasanya wisata alam ini ramai dikunjungi pengunjung saat akhir pekan, baik pengunjung lokal maupun luar daerah.

Untuk mengunjunginya anda bisa melalui dua akses yakni melalui simpang pasar Bawan ke arah Batukambing berjarak ± 10 kilometer, dan dari simpang Balai Ahad, Lubukbasung berjarak sekitar 30 kilometer. Anda juga bisa mengakses lokasinya melalui Google Maps yang ada di HP dengan keyword ‘Sarasah Sitanang’, dan jangan lupa untuk bertanya kepada warga sekitar.

Karena aksesnya jalan menuju lokasi itu jalan aspal, anda bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat untuk mencapai sarasah Sitanang ini.

Setibanya dilokasi, anda akan disambut dengan keelokan dan keasrian hutan, serta menikmati keindahan sarasah Sitanang. Anda juga bisa bermandi-mandi ataupun berenang di lubuk yang tersedia di bawah air terjun itu.

Ayo nikmati akhir pekan Anda bersama keluarga untuk berwisata ke sarasah Sitanang, dan jangan lupa untuk mengunjungi objek wisata yang ada di Kabupaten Agam lainnya. Selamat berwisata.

(Bryan)

To Top