Kaba Kuliner

Roti Tenong Kuliner Khas Padang Panjang

Foto: cookpad.com

Roti tenong merupakan kuliner tradisional khas Padang Panjang, Sumatera Barat.

Pengertian tenong itu sendiri ada dua arti. Pertama, Roti Tenong Cheesee arti tenong merupakan tempat penggorengan untuk roti itu sendiri. Tapi tenong itu sendiri kita gunakan setelah digoreng sebagai peniris minyak di tenong itu. Bentuknya khas terbuat dari rotan.

Kedua, Tenong tersebut ialah nama orang yang memiliki roti tenong tersebut. Selain itu, melansir dari KBBI arti tenong itu sendiri adalah bakul bundar. Bermula dari daerah Padang Panjang, kini roti tenong bisa ditemui di Tugu Simpang Haru Padang.

Roti Tenong Khas Padang Panjang Kini Hadir di Kota Padang, Harga Mulai Rp 10 Ribuan.  Roti tenong ini terdapat isian vla vanilla di dalamnya, dan bagian luarnya diberi topping yang lagi hits juga, agar kekinian.

Rotinya dipilih yang tidak terlalu menyerap minyak, dan memiliki pori pori roti yang rapat. Pas dibelah gak ada minyaknya, kemudian barulah dimasukin vlanya Jadi roti tenong ialah roti yang digoreng.

Tahap pembuatannya, roti dimasukkan ke dalam telur dan digoreng.

Kemudian dibelah dulu dan dimasukkan vla vanilla, terus barulah ditaburi sesuai dengan topping yang diinginkan.

Roti tenong ini memiliki topping yang beraneka ragam, sekitar 19 rasa dengan harga mulai Rp 10 ribuan.  Yang premier varian greentea, cappucino, dan choco manggo, sedangkan best seller rasa tiramisu, mozarella, dan nutella.

Roti tenong yang terletak di depan tugu Simpang Haru ini kini juga memiliki menu baru roti, tenong ice cream. Roti tenongnya kini di Padang sudah memiliki dua cabang, pertama di depan tugu Simpang Haru buka mulai pukul 16.00 WIB dan di Tugu Gempa pukul 18.00 WIB. Roti yang tradisional kita bikin jadi modern, bisa disukai semua kalangan umur.

(sumber: tribunpadang.co)

To Top