Kaba Terkini

Resahkan Masyarakat, Penangkaran  Buaya Dibangun

Tiku, KABA12.com — Sering meresahkan warga Muaro Putuih Nagari Tiku V Jorong Kecamatan Tanjung Mutiara akan membuat penangkaran buaya tahun ini.

Seperti dijelaskan Juheri investor penangkaran buaya kepada KABA12.com.

Rencana pembuatan penangkaran buaya itu  karena aktivitas hewan buas itu  sering meresahkan dan mengancam nyawa warga.

Dijelaskan, masyarakat Muaro Putuih sepakat dibangun  penangkaran buaya di Nagari Tiku V Jorong.

“Kita sudah mendapat dukungan dari tokoh masyarakat dan ninik mamak Tiku V Jorong untuk pembangunan penangkaran buaya, usai lebaran mulai kita garap, “kata Juheri.

Juheri  menjelaskan habitat buaya cukup dominan di wilayah itu dan paling pas pembangunan penangkaran itu dibangun di Tiku V Jorong  yang untuk tahap awal memakai areak seluas satu hektar.

“Untuk tahap pertama akan dibangun tiga kolam anakan ,”jelasnya.

Dikatakan Juheri buaya yang akan dianakan itu ialah jenis buaya muaro dan  pekerjanya warga setempat karena warga  Tiku V Jorong lebih mengenal medan penangkaran buaya muaro itu.

“Kita akan datangkan tenaga ahlinya untuk  memberikan pendidikan khusus pada masyarakat dan saya berharap ilmu yang didapat itu nantinya  juga  disosialisasikan ,” kata Juheri.

Di jelaskan Juheri lagi, jika penangkaran sudah berdiri pihaknya akan ajukan kerjasama dengan BKSDA dan akan terus berkoordinasi.

Sasarannya selain nemberi rasa aman bagi warga dalam beraktivitas di sepanjang sungai Batang Masang, juga sebagai perllindungan bagi buaya-buaya muaro di wilayah.

Bahkan rencana pembangunan penangkaran itu juga akan berdampak positif bagi ekonomi warga selain untuk kelestarian alam, menjadi objek wisata bahkan akan menjadi objek observasi banyak pihak.

(M.Ikhsan)

To Top