Kaba Terkini

Ratusan Siswa SMAN Agam Cendekia Jalani Vaksinasi Covid-19

Kotomalintang, KABA12.com — Ratusan siswa SMA Negeri Agam Cendekia menjalani vaksinasi Covid-19 tahap pertama, Jum’at (17/9). Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula sekolah setempat dengan menghadirkan tenaga kesehatan dan pihak kepolisian.

Kepala SMAN Agam Cendikia, Muhammad Hernandar mengatakan, pemberian vaksin kepada siswa merupakan salah satu syarat sekolah untuk mendukung proses pembelajaran tatap muka. Ia menyebut, program vaksinasi ini terselenggara atas kerjasama dan koordinasi dari Polres Agam, Polsek Tanjung Raya, Puskesmas Pasar Ahad dengan pihak sekolah. Vaksin yang diberikan kepada siswa tersebut adalah jenis Sinovac produksi China, yang sudah bersertifikasi halal dan aman.

“Program imunisasi vaksin kepada siswa dilakukan dalam rangka meningkatkan kekebalan tubuh atau herd immunity, sehingga mereka dapat terhindar dari paparan Covid-19,” kata Muhammad Hernandar kepada KABA12.com, Jum’at.

Ia menyebutkan, saat ini jumlah peserta didik atau siswa di sekolah tersebut sebanyak 313 orang. Kendati begitu, pihaknya menargetkan sebanyak 250 orang dapat mengikuti vaksinasi Covid-19.

“Saat ini kita targetkan sekitar 250 siswa bisa divaksin. Karena dari total siswa sebanyak 313 orang, sebagian dari mereka sudah melaksanakan vaksinasi. Jadi sekarang kita melaksanakan vaksin bagi siswa yang belum saja,” ujarnya.

Lebih lanjut disebutkan, kegiatan vaksinasi gratis tersebut direncanakan berlangsung selama tiga hari, yaitu Jum’at, Sabtu, dan Senin. Meski demikian, pihaknya juga berharap agar pelaksanaan vaksinasi ini bisa segera tuntas.

“Kita rencanakan jadwal vaksinasi ini selama tiga hari. Kita berharap kegiatannya segera tuntas. Karena kalau bisa dua hari, kan lebih bagus,” ucapnya.

Ia menambahkan, adanya vaksinasi bagi siswa siswi itu diharapkan dapat memberikan kekebalan tubuh dalam melawan penyebaran virus Corona.

Sementara itu, salah seorang guru SMAN Agam Cendekia, Gusnadi mengakui bahwa vaksinasi ini sangat bermanfaat bagi tubuh terutama untuk meningkatkan sistem imunitas.

Menurutnya, program vaksinasi ini dinilai sangat membantu bangsa dan negara dalam melawan pandemi Covid-19.

“Kita berharap agar seluruh masyarakat atau sasaran penerimanya bisa segera divaksin, supaya pandemi ini segera berakhir. Sebab vaksin ini sudah terjamin keamanan dan kehalalannya,” kata Gusnadi guru olahraga itu.

Wakapolsek Tanjung Iptu Akhiruddin menyebutkan, saat ini pihaknya tengah berupaya mengajak masyarakat terutama kalangan pelajar untuk mengikuti program vaksinasi gratis. Karena menurutnya, vaksin tersebut dinilai sangat penting untuk kesehatan agar terhindar dari paparan virus Corona.

“Kita berharap semua pelajar usia 12-17 tahun bisa segera mengikuti vaksinasi, agar proses pembelajaran tatap muka di sekolah dapat berjalan aman dan lancar,” sebutnya.

Setelah vaksinasi di SMAN Agam Cendekia ini, dijadwalkan dalam waktu dekat akan menyasar ke sekolah lain seperti SMAN 1 Tanjung Raya, dan SMKN 1 Tanjung Raya. Hal ini dilakukan karena salah satu syarat wajib untuk melakukan pembelajaran tatap muka adalah seluruh guru dan siswa sudah menjalani vaksinasi.

“Kita berharap seluruh lapisan masyarakat mau untuk divaksin. Mumpung vaksin gratis masih ada, maka manfaatkanlah kesempatan ini. Jangan ragu, karena sebelum divaksin, tentu petugas kesehatan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu,” jelasnya.

Salah seorang siswa SMAN Agam Cendekia, Revaldy Adrevi Erman mengakui tidak merasakan apa-apa saat disuntik vaksin. Ia menyebut, efek samping setelah divaksin hanya merasakan pegal pada lengan tangan kiri.

“Tidak ada rasa apa-apa. Cuma pegal saja pada tangan di sebelah kiri. Mudah-mudahan dengan vaksin ini, tubuh saya lebih kebal dalam melawan Covid,” ujar siswa kelas XI asal Pasaman Barat itu.

(Bryan)

To Top