Kaba Terkini

Porak-Poranda Diguncang Gempa, Warga Tigo Balai Malampah Butuh Bantuan

Pasaman, kaba12.com — Kondisi warga terdampak bencana gempa di wilayah Tigo Balai, Malampah, kabupaten Pasaman memprihatinkan. Pasalnya, akibat guncangan gempa, rumah mereka hancur dan seluruh peralatan rumah tangga rusak, termasuk seluruh bahan makanan ikut tertimbun.

Kondisi ini, membuat warga terdampak gempa tak kuasa menahan tangis, karena hingga Sabtu,(26/2) ini, tidak ada bantuan yang masuk ke wilayah tersebut. Untuk kebutuhan makan, para korban terpaksa memanfaatkan apa yang ada.

Tak kurang, banyak warga terutama yang berusia lanjut, hana bisa menangis pasrah, sambil mengaduk rebusan sedikit beras, untuk bisa dimakan bersama.

Kondisi itu, ditemukan tim Damkar Agam yang sejak kemarin siaga membantu warga terdampak bencana gempa berkekuatan 6,1 MMI dengan episenter di Talamau, Pasaman. Hingga kini, bantuan pangan masih belum masuk ke wilayah itu, sehingga petugas penanganan pasca bencana harus bekerja ekstra, selain mengevakuasi material bangunan, menjadi warga yang hilang, termasuk berupaya mencari bantuan bahan makanan untuk warga.

Seperti disebutkan Yudi, tim pusat data Damkar Agam, yang menyebutkan tim Damkar Agam yang turun di kawasan Tigo Balai, Malampah, berupaya membantu evakuasi warga yang terdampak, sebagian warga memilih mengungsi ke wilayah Padang Tarok untuk mendapatkan tempat yang aman dan makanan.

“Mohon bantuan makanan, sembako, warga di Tigo Balai, Malampah sangat membutuhkan, “ ungkap Yudi.

Kondisi serupa juga terjadi di berbagai lokasi di dua daerah terdampak gempa, karena bencana yang terjadi sangat cepat, memicu kepanikan luar biasa, bahkan saat ini, tak kurang dari 6000 warga mengungsi karena rumah tempat tinggal mereka hancur.

HARMEN

To Top