Kaba Terkini

Pilwana Gaduik Ditinjau Tim Pemkab Siduarjo

Gaduik, KABA12.com — Beberapa nagari di Kabupaten Agam pada Sabtu (22/07) melaksanakan pemilihan walinagari (pilwana) periode 2017 -2023 sistim E- Votting  menarik daerah .

Pantauan KABA12.com, di TPS 10 Sawah Dangka, Jorong Tigo Kampung, Nagari Gadut, Kecamatan Tilatang Kamang yang  dikunjungi tim dari Pemkab. Siduarjo, Jawa Timur yang ingin melihat secara langsung pemilikan memakai e voting ini, daerah ini juga akan melakukan pilkada menggunakan sistem  baru ini.

Assisten I Bidanh Pemerintahan Sekab Siduarjo, DR Heri Sutanto yang ditemui menjelaskan, dia bersama rombongan yang mayoritas camat ingin melihat secara langsung kemudahan yang diperoleh pemilihan menggunakan e voting ini. Sebab, daerahnya juga akan melakukan hal yang sama pada masa yang akan datang.

Menurut Heri, kedatangannya juga atas undangan untuk melihat langsung pilwana badunsanak di Kabupaten Agam. Pihaknya, ingin melihat secara langsung pemilihan melalui e voting ini di Kabupaten Agam, sebab pada pemilihan di daerahnya tidak ingin ada masalah. ” Pengalaman kan adalah guru terbaik,” tambah Heri.

Dengan pemilihan di Kabupaten Agam ini kata Heri, pihaknya ingin melihat jika ada yang kurang, maka pihaknya sudah bisa mencari solusi penambahan sistem.

 ” Kami melihat, di Kabupaten Agam ini masih menggunakan C6 untuk pemilih. Maka, kami mengupayakan kalau pendataan pemilih nanti juga bisa secara digital dan memang harus ada penambahan sistem,” papar Heri.

Secara terpisah, Wali Jorong Tigo Kampung, Nagari Gadut, Kando  menjelaskan kalau pilwana di Kabupaten Agam menggunakan e-Voting yang disediakan oleh pihak kabupaten.

Prinsipnya, untuk pelaksanaan tidak ada masalah, yang belum maksimal adalah pendataan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Sesuai data yang ada, untuk pemilih di Nagari Gadut sendiri sebanyak 11,183 dan untuk TPS 10 sendiri di daerah Sawah Dangka dengan pemilih sebanyak  964 jiwa ” Pada prinsipnya untuk pilwana ini sendiri tidak ada masalah, termasuk sistem juga berjalan baik,” ujar Kando.

(Ikhwan)

To Top