Kaba Terkini

Pilkada Agam 3 Calon Perseorangan Mencuat

Lubukbasung, kaba12.com — Mulai menghangat dengan masuknya tahapan pemilihan kepala daerah kabupaten Agam bulan September ini, bahkan jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Agam sudah mulai melakukan serangkaian pembahasan, baik sosialisasi termasuk pembahasan alokasi anggaran tahun 2020 bersama pemerintah, mencuatkan beberapa nama tokoh penting di kabupaten Agam yang berminat menjadi kepala pemerintahan di kabupaten Agam.

Bahkan selain tokoh-tokoh yang berminat maju dari partai politik, diinformasikan 3 tokoh masyarakat kabupaten Agam sudah mulai bersiap untuk tampil sebagai calon perseorangan ( indenpenden) dan tengah menghimpun dukungan tandatangan dan KTP masyarakat Agam.

Mencuatnya 3 nama tokoh masyarakat yang bakal tampil dalam pilkada Agam 2020 sebagai calon indenpenden itu dibenarkan ketua KPU Agam Riko Antoni menjawab kaba12.com.

Waktu dikonfirmasi nama 3 tokoh yang berniat tampil sebagai calon indenpenden tersebut, ketua KPU Agam Riko Antoni, enggan menjelaskan secara detail. Namun diyakinkannya, 3 tokoh tersebut, tengah mempersiapkan pengumpulan dukungan dari masyarakat sesuai regulasi yang ada .

Dijelaskan Riko Antoni, sesuai ketentuan yang ditetapkan dalam PKPU, untuk calon indenpenden di kabupaten Agam, minimal harus mengumpulkan dukungan dari masyarakat sebanyak 31 ribu berkas dukungan, yang dibekali dengan fotocopy e-KTP dan surat pernyataan dukungan dari masyarakat.

“ Untuk berkas dukungan jumlah 31 ribu warga, yang dibuktikan dengan fotocopy e-KTP dirangkap dengan surat pernyataan dukungan dari warga yang bersangkutan, dan itu akan diverifikasi oleh tim KPU, yang jadualnya sudah ditetapkan, “ sebut Riko Antoni.

Ditambahkan ketua KPU Agam itu, sesuai tahapan yang ditentukan PKPU, tahapan saat ini sudah mulai masuk dengan program sosialisasi dan persiapan lain, sementara untuk penetapan bakal calon menjadi calon bupati-wakil bupati Agam, akan dilakukan bulan Mei tahun 2020 mendatang serta tahapan lain, “ kita sudah sosialisasikan tahapan itu, dan sudah diinformasikan melalui media dan website KPU Agam, “ ulas Riko Antoni lagi.-

Sementara tiga nama yang disebut-sebut saat ini tengah menghimpun dukungan dan tandatangan dari masyarakat untuk tampil sebagai calon indenpenden dalam pilkada Agam mendatang, disebutkan merupakan tokoh-tokoh terkemuka yang sudah dikenal banyak kalangan selama ini.

HARMEN

To Top