Kaba Terkini

Jelang Pilkada Agam Beberapa Nama Menghangat

Lubukbasung, kaba12.com — Jelang kontestasi politik pemilihan kepala daerah (pilkada) di kabupaten Agam 2020 mendatang beberapa nama tokoh makin hangat dibicarakan menyusul sudah ditetapkan unsur pimpinan dan fraksi-fraksi di DPRD Agam.

Banyak tokoh-tokoh kabupaten Agam yang beberapa waktu belakangan mencuat ke permukaan yang disebut-sebut akan ikut dalam kontestasi politik dalam pilkada mendatang, karena diprediksi, perebutan kursi bupati-wakil bupati Agam akan berlangsung ketat dengan peluang yang sangat besar, karena tidak ada incumbent yang akan bersaing.

Beberapa nama yang disebut-sebut akan bersaing ketat merebut kursi bupati-wakil bupati Agam periode 2021-2026 mendatang, dari kalangan politisi disebut-sebut mencuatkan nama Novi Irwan, (ketua DPRD Agam-Gerindra), Marga Indra Putra (wakil ketua DPRD Agam-Demokrat),Noveri Edios, ( anggota DPRD Agam-PBB),Suharman,(wakil ketua DPRD Agam-PKS) Aliwarman,(anggota DPRD Sumbar-ketua PAN Agam), Taslim,(PAN), Hilmon Dt.Hitam(Hanura) Novi Endri Dt.Simarajo,(Berkarya), Rinaldi,(anggota DPRD Sumbar-PKS), Feri,(anggota DPRD Agam-Demokrat), dan beberapa nama lain yang kini hangat disebut dari kalangan politisi.

Sementara tokoh-tokoh dari kalangan birokrat disebutkan juga semakin banyak bermunculan diantara mencuat nama Martias Wanto Dt.Maruhun,(Sekab Agam), H.Isman Imran,(Kadistan Agam), Misran,(Kadisdukcapil Agam), Teddy Martha,(Kadis PMN Agam), H.Edi Busti,(Kasat Pol PP Pasaman Barat), dan beberapa nama lain yang mulai bermunculan saat ini.

Sementara dari kalangan perantau dan pengusaha, juga banyak yang bermunculan ke permukaan walau masih belum secara nyata memunculkan diri ke public, karena masih menunggu regulasi yang ada termasuk peluang dari partai politik.

Terkait dengan tahapan pilkada Agam 2021-2026 ketua KPU Agam RIko Antoni menyebut, saat ini wajar saja bermunculan nama-nama tokoh yang berniat menjadi pemimpin pemerintahan di kabupaten Agam mendatang.

Disebutkan Riko Antoni, saat ini tahapan pilkada sebetulnya sudah masuk, terutama untuk tahapan sosialisasi dan proses pembahasan alokasi anggaran yang akan digunakan untuk seluruh tahapan pilkada Agam mendatang.

“ Sesuai PKPU, tahapan pilkada Agam sudah mulai dilaksanakan, bahkan saat ini, sudah berlangsung proses persiapaan calon perseorangan, yang di kabupaten Agam juga sudah bergerak mengumpulkan dukungan dari masyarakat, tahapan pilkada Agam sudah mulai berjalan kok, “ ulas Riko Antoni.

Nama-nama yang banyak bermunculan masih belum begitu hangat dibahas masyarakat, karena saat ini konsentrasi kegiatan daerah belum mengarah pada pilkada, walau tahapan pilkada Agam sudah mulai masuk sejak September ini.

HARMEN

To Top