Kaba Terkini

Penutupan SAF 2019, Batajau Seni Piaman Gegerkan Panggung

Koto Kaciak, KABA12.com — Kehadiran tim Batajau Seni Piaman dalam rangka penutupan Festival Silek Art 2019 mengundang decak kagum para hadirin yang memenuhi lokasi pasar Rabaa, Koto Kaciak, Maninjau, Sabtu (31/8).

Penampilan dari tim Batajau Seni Piaman ditonton langsung oleh Direktur Kesenian Kemendikbud RI Restu Gunawan, Walikota Padang Mahyeldi Ansyarullah, Ketua IPSI Sumbar Fauzi Bahar, Wakil Gubernur Nasrul Abit, Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar Gemala Ranti serta Bupati Agam Indra Catri.

Kelompok yang beranggotakan 8 personil dan 2 official ini tampil maksimal membawakan karya berjudul “Sughuik Kamuko”, karya kolaborasi antara tari, silek dan musik kini di gubah oleh Roby Suhendra SPd MSn.
SAF 2019 merupakan gelaran perdana pada 2018 lalu.

Tahun ini, produk ensiklopedi Silek Minang menjadi salah satu unggulan penyelenggaraan sebagai referensi umum tentang keragaman Silek Minang.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar, Gemala Ranti berharap agar Silek Art Festival dapat menjadi salah satu kanal untuk memuluskan upaya menjadikan silek sebagai warisan dunia.

Sementara itu, Widya, tokoh utama dalam pertunjukan ini mengatakan, proses penggarapan pertunjukan Sughuik kamuko sama sekali tidak mudah.

“Saya basic-nya silek. Meski sempat terlibat dalam berbagai kegiatan kesenian, ternyata untuk karya musikal seperti ini tidak mudah,” katanya.

(Ardi)

To Top