Kaba Terkini

Pengelolaan Pasar Pabukoan Bukittinggi “Dari Pedagang Untuk Pedagang”

Bukittinggi, KABA12.com — Seperti tahun sebelumnya, Pemko Bukittinggi kembali fasilitasi pasar pabukoan bagi para pedagang yang ingin menjual menu pabukoan atau takjil di kawasan parkiran Pasar Atas samping bioskop Gloria.

Kepala Bidang Pengelolaan Pasar Diskoperindag kota Bukittinggi Zulfahmi Yunib mengatakan, pasar pabukoan akan dimulai Jumat (26/05).

“Seperti tahun sebelumnya, kuota pasar pabukoan sekitar 80 pedagang,” katanya.

Ia menjelaskan, pengelolaan pasar pabukoan kali ini pihaknya akan berkoordinir langsung dengan organisasi pedagang, “jadi tidak ada pungutan tarif yang jelas, karena hitungannya fungsi sosial, pertimbangannya luas tempat dan omset pedagang, dan itu akan dikoordinir langsung oleh organisasi pedagang,” ungkapnya.

Zulfahmi Yunib menyebutkan, pengelolaan pasar pabukoan tahun ini tidak akan ada pemasukan untuk daerah, lantaran sistem pengelolaannya dari pedagang untuk pedagang.

“Karena asas kekeluargaan, dasar pemungutan tidak ada, dari pedagang untuk pedagang. Bukan untuk pemda, hanya saja mereka berkewajiban, harus mengganti pemasukan tempat parkir sekitar Rp10 juta, sewa tenda besar sekitar Rp25 jutaan, biaya operasional lainnya,” tegasnya.

(Jaswit)

To Top