Kaba Pemko Bukittinggi

Pemko Bukittinggi Peringati Hari Ibu ke 94 Tahun 2022

Bukittinggi, KABA12.com. — Pemerintah Kota Bukittinggi peringati Hari Ibu ke 94 tahun 2022. Kegiatan ini dilaksanakan meriah di balairung rumah dinas wako, Rabu (21/12).

Ketua GOW Bukittinggi, Ny. Nurna Eva Marfendi, menjelaskan, hakekat peringatan hari ibu setiap tahunnya adalah mengingatkan seluruh rakyat Indonesia, terutama generasi muda akan arti dan makna hari ibu sebagai sebuah momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan kaum perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

“Untuk itu, sebagai apresiasi atas gerakan yang bersejarah itu, peringatan hari ibu di tetapkan tanggal 22 Desember sebagai hari nasional,” ungkapnya.

Ketua TP PKK sekaligus Ketua Dewan Penasehat GOW Bukittinggi, Ny. Fiona Erman Safar, menyampaikan, peringatan hari ibu bertujuan untuk mendukung penguatan karakter perempuan berdaya melalui sektor ekonomi kewirausahaan. Peringatan hari ibu ke 94 tahun ini, mengangkat tema perempuan berdaya Indonesia maju.

“Seorang ibu merupakan sosok yang luar biasa ajaib di mana seorang ibu mampu menjalankan peran ganda dan multifungsi sekaligus. Ia berperan menjadi pengasuh bagi anak-anaknya menjadi istri bagi suaminya kadang juga menjadi mencari nafkah bagi keluarganya dan juga sebagai warga masyarakat, dengan berbagai kewajiban dan aktivitasnya tanpa mengecilkan hati seorang suami,” ujar Fiona.

Seorang ibu, lanjutnya, harus memiliki wawasan yang luas dan bermental tangguh karena dirinya akan menjadi ujung tombak dalam pendidikan keluarga bagi anak-anak.

“Melalui momentum hari Ibu ini kami harapkan dapat mendorong berbagai upaya untuk meningkatkan kemajuan perempuan sebagai sumber daya potensial pembangunan dan marilah kita bekerja sama membangun keluarga agar lebih kuat lebih berkualitas kreatif inovatif percaya diri dan meningkatkan kualitas dan kapabilitas dirinya sehingga bersama laki-laki menjadi kekuatan yang terbesar dalam membangun sebuah keluarga. Peran ibu sangat penting untuk menjadikan Bukittinggi lebih hebat,” pesannya.

Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi, menyampaikan, ibu merupakan seseorang yang berperan penting untuk kesuksesan seorang laki-laki. Bukittinggi dan Sumatra Barat telah banyak lahirkan ibu ibu hebat dan tercatat dalam sejarah bangsa Indonesia.

“Perempuan itu Bundo Kanduang, limpapeh rumah nan gadang. Selamat hari ibu ke 94. Semoga kedepan ibu ibu di Bukittinggi dapat melahirkan generasi yang lebih kuat dan hebat,” ungkap Marfendi.

Dalam kesempatan itu, juga diberikan penghargaan untuk 14 kategori, terkait dengan bidang ramah anak, sekolah keluarga, layanan KB terbanyak dan sejumlah bidang lainnya.

(Harmen/*)

To Top