Dinas Pertanian Agam

Pemkab Agam Dorong Perkembangan Tanaman Kopi Rakyat

Lubukbasung, KABA12.com — Dinas Pertanian kabupaten Agam mendorong petani kopi mengembangkan bibit unggul guna mengantisipasi penurunan produksi kopi. Selama tahun 2017, Distan melalui bidang perkebunan menyalurkan 20.000 batang kopi untuk menunjang perkembangan tanaman kopi rakyat di  kecamatan Canduang, Malalak dan Tanjung Raya.

Kepala Bidang Perkebunan Distan kabupaten Agam Gusma Zendra mengatakan, pengembangan komoditi kopi itu merupakan bantuan dari APBD provinsi yang disalurkan ke lima kelompok tani di tiga kecamatan. 4 Ha/ 400 batang untuk kelompok Tani Aka Mambua di Lasi Tuo kecamatan Canduang, 5 Ha/ 500 batang di KWT Bunga di daerah Lasi Mudo kecamatan Canduang, 4 Ha/ 400 batang utuk kelompok Bundo Kanduang Koto Andaleh Sigiran kecamatan Malalak, 2 Ha/ 200 batang kepada kelompok Tobo Organik di Toboh nagari Malalak, dan 10 Ha/ 10.000 batang untuk kelompok tani Anugrah di Sigiran nagari Tanjung Sani kecamatan Tanjung Raya.

“Bantuan bibit kopi siap salur ini kita berikan untuk mengembangkan kopi rakyat. Alhamdulillah, dalam setahun terakhir produksi kopi rakyat mengalami peningkatan, terutama untuk jenis kopi arabika dan robusta,” ujarnya.

Gusma Zendra merincikan, berdasarkan data triwulan ke III pada akhir September 2017, luas areal perkebunan kopi arabika di kabupaten Agam mencapai 244 ha dengan hasil produksi 102.541 kg yang sebelumnya hanya 97.285 Kg, sedangkan luas lahan perkebunan kopi robusta mencapai 1.016 ha dengan hasil produksi 570.822 kg.

“Makanya kami intervensi petani, kami dorong dengan bantuan bibit unggul dan juga pupuk agar mereka dapat menanam dan mengembangkannya sehingga menghasilkan produksi yang banyak dan bisa mensejahterakan ekonomi masyarakat,” sebutnya.

Ditambahkan, selain menyalurkan bibit kopi, Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Agam juga memberikan komoditi lainnya, seperti tanaman kelapa, kakao, kelapa sawit, pala dan juga cengkeh. Bagi masyarakat atau kelompok tani yang menginginkan bantuan bibit tersebut, dapat mengajukan proposal kepada Dinas Pertanian kabupaten Agam.

(Jaswit)

To Top