Kaba Terkini

Paskibraka Harus Memiliki Inteligensi dan Fisik Bagus

Lubuk Basung, KABA12.com — Usai mengikuti seleksi yang cukup ketat pada 8-9 Maret 2017 lalu, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka di kabupaten Agam mulai mengikuti serangkaian TC (Training Centre) yang dipusatkan di GOR Rang Agam Lubuk Basung.

TC yang dimulai sejak 5 Agustus 2017 itu akan berlangsung hingga pengibaran bendera di hari H, 17 Agustus mendatang.

Kabid Olahraga Disparpora Agam Jupri mengatakan, pasukan pengibar bendera  untuk memperingati HUT RI yang ke-72 tahun di kabupaten Agam, terdiri dari 68 orang, yang sebelumnya telah diseleksi dari jumlah 250 orang perwakilan dari 30 SMA/MA/ dan SMK se- kabupaten Agam.

“Hari ini masih fokus pada latihan PBB yang diberikan oleh pelatih dari TNI,Polri, dan Purna Paskibraka. Nanti sore kita akan memilih posisi penempatan mereka di pasukan, baru besok kita akan lakukan simulasi di lapangan dengan  pasukan pengibar lengkap, pasukan 17, 8, dan 45,” sebutnya.

Dalam seleksi dan proses latihan (TC) pasukan pengibar bendera dituntut harus memiliki inteligensi dan fisik yang bagus.

“Pasukan pengibar bendera itu yang punya inteligensi dan bagus fisik yang bagus, tinggi dan berat yang standar, serta punya wawasan yang bagus. Mereka harus mampu mengibarkan bendera pusaka pada tiang yang tertinggi. Mereka juga akan menjadi penyambung disekolah mereka masing-masing, dalam melatih junior-juniornya,” ujar Pelatih Paskibra Agam, Rino Irfan Aditya.

Sementara itu, anggota Paskibraka Irvan dan Vitria Anggraeni saat ditanyai mengenai motivasinya menjadi pasukan pengibar bendera dengan kompak mereka menjawab, untuk melaksanakan tugas negara, “motivasi kami untuk melaksanakan tugas negara sebagai pasukan pengerek bendera. Karena juga dorongan dari orangtua dan ingin mengharumkan nama sekolah,” jelas siswa SMA Negeri 1 Tilatang Kamang dan siswi SMK Negeri 1 Tanjung Mutiara yang ditunjuk sebagai Bapak dan Ibu Camat dalam Paskibra Agam 2017.

Selama TC berlangsung, seluruh siswa siswi yang tergabung dalam pasukan pengibar bendera peringatan HUT RI ke-72 di kabupaten Agam itu difasilitasi dengan akomodasi penginapan di hotel Permata Bunda Lubuk Basung.

(Jaswit)

To Top