Kaba Terkini

Pasca Tanggap Darurat, Agam Masuki Masa Pemulihan Hingga Desember 2024

Lubukbasung,kaba12 — Pasca berakhirnya masa tanggap darurat bencana banjir bandang lahar hujan Gunung Marapi yang sudah diberlakukan 2 tahapan,Kabupaten Agam masuki masa proses pemulihan yang diberlakukan mulai tanggal 9 Juni hingga 31 Desember 2024 mendatang.

Dalam tahapan proses, Pemkab.Agam akan memfokuskan penanganan pasca bencana terutama untuk pemulihan sarana dan prasarana, relokasi warga terdampak dan normalisasi aliran sungai, pemenuhan kebutuhan kelompok rentan, serta transisi dari kondisi darurat ke pemulihan.

Masa pemulihan dan rekonstruksi menjadi tahapan sangat penting dan krusial, terutama dalam memastikan segala aspek yang berkaitan dengan proses pemulihan mesti ebrjalan lancar dan efektif, terutama pembangunan berbagai infrastruktur terdampak bencana.

Seperti dijelaskan Sekab.Agam H.Edi Busti,masa pemulihan akan difikuskan untuk memperkuat infrastruktur dan mengembalikan kehidupan masyarakat ke kondisi normal. Salah satu fokus utama dalam masa transisi ini adalah kelanjutan dari kegiatan normalisasi sungai.

Menurutnya, normalisasi sungai sangat penting untuk mengantispasi bencana serupa dan memastikan aliran sungai kembali norma, “ini langkah preventif untuk menjaga keselamatan dan kesejahteraan warga,” sebutnya.

Sekab.Agam itu, juga menyebutkan, pemasangan tiga sabo dam yang akan ditempatkan di daerah Batu Anguih, Batang Katiak dan IV Koto yang diyakini dapat mengurangi risiko bencana banjir dan tanah longsor, “pembangunan sabo dam secara bertahap sesuai instruksi Presiden, mulai tahun ini hingga 2026,” jelasnya.

Sementara untuk lahan pertanian masyarakat yang terdampak bencana, pemerintah daerah saat ini menunggu tindak lanjut dari Kementerian Pertanian untuk melakukan rekondisi lahan, “kita terus berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian untuk memastikan lahan pertanian yang rusak, dapat segera dipulihkan sehingga petani dapat kembali berproduksi,” ungkapnya.

Diyakinkan, Edi Busti, Pemkab.Agam berkomitmen untuk bekerja keras dalam memastikan segala aspek pemulihan berjalan dengan baik, supaya masyarakat dapat kembali menjalani kehidupan dengan normal dengan berbagai langkah yang telah direncanakan.

“ Kabupaten Agam harus segera bangkit, serta membangun kembali daerah yang lebih kuat dan tangguh terhadap bencana, “ tegas Kepala BPBD Agam itu lagi.

(HARMEN)

To Top