Kaba Pasaman

Pacu Program Pasaman Ber-Imtaq, 1.000 Imam Masjid Dilatih, Benny Utama : Imam-Ulama Jadi Ujung Tombak

Pasaman, kaba12.com — Pacu realisasi program Pasaman Ber-Imtaq, Bupati Pasaman H.Benny Utama dorong seluruh instrument di Pemkab.Pasaman untuk menindaklanjuti program prioritas tersebut dengan berbagai inovasi.

Salah satu kegiatan strategis yang dijalankan, adalah dengan menggelar pelatihan untuk 1.000 orang imam mesjid se kabupaten Pasaman, yang dibuka secara resmi Bupati Pasaman H.Benny Utama, Senin, (5/12) di gedung Syamsiar Thaib, Lubukbasung.

Untuk tahun 2022, digelar pelatihan untuk 106 imam mesjid, dan diproyeksikan tahun 2023 akan dilatih lebih dari 1.000 imam mesjid dari seluruh wilayah kabupaten Pasaman, sebagai motor pendorong terealisasinya program Pasaman Ber-Imtaq tersebut.

Menurut Benny Utama, Bupati Pasaman saat membuka pelatihan 106 imam mesjid tersebut, menegaskan, program Pasaman Ber-Imtaq, merupakan program unggulan utama dari 10 program prioritas yang akan dilaksanakan pihaknya selama menjabat kepala daerah di Pasaman.

Pelatihan imam mesjid dan penyuluh agama serta dorong program bantuan yang diberikan Pemkab.Pasaman, menjadi wujud pelaksanaan kegiatan yang diharapkan, berbagai tahapan kegiatan Pasaman Ber-Imtaq itu, betul-betul terimplementasi dengan baik ditengah masyarakat.

“Iman dan taqwa itu ibarat rem pada mobil. Akan berbahaya bila seseorang yang cerdas dan sehat tanpa memiliki bekal keimanan dan ketaqwaan yang kuat dalam dirinya. Niscaya bisa menjadi pribadi yang tidak terkontrol,”tegas Benny Utama.

Dijelaskan, program prioritas Pasaman Ber-Imtaq, akan dominan diimplementasikan para Imam dan Ulama. Imam dan Ulama, menjadi panutan, tempat orang bertanya. Untuk itu kemampuan para imam perlu diupgrade termasuk metoda ceramahnya.

Motor Penggerak di Lapangan

Sementara menurut Drs.H.Mara Ondak, MM, Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman, dalam laporannya menjelaskan, pelatihan imam masjid tahun 2022 diikuti 106 imam, mulai 4-8 Desember 2022 di Islamic Center Pasaman dan Gedung Syamsiar Thaib, Pasaman.

Dijelaskan, seluruh peserta dibagi tiga kelompok, masing-masing Kelompok I dan II digelar tanggal 4- 6 Desember dan kelompok III tanggal 6- 8 Desember 2022, yang dibuka secara resmi Senin,(5/12).

Disebutkan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi imam, dengan bacaan imam masjid yang fasih sesuai makhrajul huruf, tajwid dan adab fasahah yang tepat, “termasuk untuk mengetahui sejauh mana tanggunjawab imam terhadap jamaahnya,” tegas Mara Ondak.

Dalam moment berserajah itu, Bupati Pasaman menyerahkan bantuan hibah Pemkab.Pasaman pada masjid, mushalla dan surau, termasuk bantuan MDTA, TPQ/TPSQ, TK Islam juga Panti Asuhan, Yayasan Pendidikan Anak Cacat serta di Kabupaten Pasaman.-HARMEN.-

To Top