Kaba Terkini

Antisipasi Dampak Lingkungan, Agam Perlu Perda Pengelolaan Air Limbah Domestik

Lubukbasung, kaba12.com — Untuk mengantisipasi dampak lingkungan dan dalam upaya memenuhi kebutuhan masyarakat dalam mengelola dan mengembangkan sistem air limbah domestik dibutuhkan sebuah aturan yang akan menjadi pedoman dan acuan.

Untuk pengaturan dan acuan hukum dimaksud, dibutuhkan peraturan daerah terkait dengan pengelolaan dan pengembangan sistim air limbah domestic, yang akan mendorong optimalnya sistim dan pengawasan terkait hal itu di lapangan.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri, dalam sidang paripurna DPRD Agam dengan materi penyampaian nota penjelasan bupati atas Ranperda tentang pengelolaan dan pengembangan sistem air limbah domestik, di ruang sidang utama DPRD Agam, Senin (5/12).

Dijelaskan, saat ini sebagian besar air limbah domestik yang berasal dari aktivitas rumah tangga masih dibuang langsung ke saluran drainase atau sungai, sehingga air limbah domestik perlu dikelola dengan baik agar ekses negatif yang ditimbulkan tidak merugikan kesehatan masyarakat dan dampak lingkungan lainnya.

Menurutnya, pengelolaan air limbah domestik merupakan salah satu upaya untuk mengubah citra yang negatif menjadi sesuatu yang bernilai positif dan menguntungkan masyarakat, serta dengan kebiasaan yang selama ini terjadi, dan diharapkan bisa menjadi salah satu upaya untuk mendorong terealisasi program hidup sehat.

Ditambahkan, persoalan pemerintah daerah dalam pengelolaan air limbah domestik antara lain belum adanya payung hukum yang bersifat teknis, belum adanya struktur institusi penyelenggara bidang pengelolaan limbah domestik yang terpisah antara regulator dan operator.

Selanjutnya, terbatasnya SDM dan koordinasi antar instansi terkait dalam penetapan kebijakan di bidang air limbah domestic serta sarana dan prasarana yang belum memadai, baik itu armada maupun kapasitas olah IPLT.

Menyikapi kondisi itu, pemerintah daerah perlu menyusun rancangan peraturan daerah tentang pengelolaan dan pengembangan sistem air limbah domestic, yang diharapkan bisa mendorong optimalnya berbagai program terkait dengan pengembangan dan pengelolaan air limbah domestic sesuai program yang ada.

Sidang paripurna yang dipimpin Suharman, wakil ketua DPRD Agam dihadiri dua wakil ketua masing-masing Marga Indra Putra dan Irfan Amran itu, dihadiri para kepala OPD Pemkab.Agam dan unsur terkait lain.

HARMEN

To Top