DPRD Agam

Novi Irwan & Suharman Pimpinan Sementara DPRD Agam

Lubukbasung, KABA12.com — Sebanyak 45 Anggota DPRD Agam periode 2019-2024 telah diambil sumpahnya dan dilantik oleh Ketua Pengadilan Negeri Lubukbasung di aula utama gedung DPRD Agam, Selasa (20/08).

Dengan begitu ditunjuk sebagai pimpinan sementara, Novi Irwan dari partai Gerindra dan Suharman dari PKS hingga nantinya ditetapkan pimpinan defenitif.

Hal itu diumumkan Sekwan DPRD Agam, Indra usai prosesi pengambilan sumpah janji anggota DPRD Agam periode 2019-2024.

Pergantian pimpinan sementara itu ditandai dengan diserahkannya palu sidang beserta buku memori oleh Ketua DPRD Agam periode 2014-2019 Marga Indra Putra kepada Novi Irwan dan Suharman selaku pimpinan sementara.

“Adapun tugas pokok sebagai pimpinan sementara yaitunya memimpin rapat DPRD Agam, menfasilitasi pembentukan fraksi dan rancangan tartib DPRD, kemudian memproses penetapan pimpinan definitif,” ujar Sekwan.

Ketua DPRD Agam sementara, Novi Irwan dalam sambutan pertamanya menyampaikan apresiasi yang tak terhingga kepada seluruh pihak, mulai dari penyelenggara Pemilu seperti KPU dan Bawaslu, kemudian pemerintah daerah, dan khususnya masyarakat Agam yang telah memberikan aspirasinya pada pemilihan legislatif April 2019 lalu.

“Kami diberikan amanah untuk memimpin sementara DPRD Agam dan mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, terutama KPU, Bawaslu, PPK yang telah melaksanakan Pemilu, serta seluruh jajaran pemerintah kabupaten Agam serta aparat Polri TNI atas terlaksananya Pemilu 2019 dengan lancar dan terimakasih banyak kepada masyarakat Agam yang telah berpartisipasi. Hal ini terbukti dengan peningkatan partisipasi pemilih sebanyak 71,9%, Alhamdulillah semua lancar aman tanpa halangan yang berarti,” ucap Novi Irwan.

Terkait dengan tugas pokok sebagai pimpinan sementara DPRD, pihaknya menargetkan selama satu bulan kedepan akan membentuk fraksi dan menyusun tartib DPRD, hingga nantinya didapatkan usulan nama-nama pimpinan dari empat partai peraih suara terbanyak pada Pemilu 2019.

“Target kita 1 bulan kedepan, setelah menyusun tartib, tentu kita menunggu dari pimpinan empat parpol peraih suara terbanyak seperti Gerindra, PKS, Demokrat dan PAN yang akan menempatkan kader terbaik mereka sebagai pimpinan dewan nanti,” jelas politisi Gerindra itu.

(Jaswit)

To Top