Agam

Minggu, Pemuda Garagahan Gelar Mancing Mania

Lubukbasung, kaba12.com — Dijadualkan Minggu,(28/7) Pemuda Garagahan, kecamatan Lubukbasung akan menggelar mancing mania di sepanjang ruas bandar larang.

Mancing mania yang digelar pemuda Kampung Tanjung Jorong II Nagari Garagahan Kecamatan Lubukbasung, ikan larangan di Bandar Irigasi Kampung tersebut.

Mancing mania dengan Rp.25 ribu per mata pancing itu dengan ketentuan, peserta diperbolehkan memilih sendiri lokasi memancing ikan jenis nila, majalaya (mas), garing, lelan di sepanjang bandar irigasi ikan larangan tersebut.

Menurut Wali Jorong II Nagari Garagahan, Decky Hendri, tradisi ikan larangan pemuda kampung tersebut berlangsung setiap tahun dan lahirnya program tersebut berkat kebersamaan pemuda.

“Tradisi ikan larangan merupakan kegiatan pemuda dan sudah berlangsung sejak 10 tahun terakhir, Alhamdulillah pemuda sangat kompak menjaga dan memelihara ikan larangan, dan di setiap tahun membuahkan hasil,” terang Decky.

Sementara menurut ketua Pemuda Kampung Tanjung, Rendi Septiardi, selain bagi pemuda, hasil yang didapat dari kegiatan tersebut selama ini sangat bermanfaat bagi kampung tersebut.

Disebutkan, hasil bersih dari penjual insert peserta akan dimanfaatkan nantinya untuk kegiatan pemuda, disumbangkan ke mushalla dan mesjid serta untuk memperbaiki lampu jalan yang sudah mati di sepanjang kampung,” terang Rendi.

Sementara bibit ikan yang telah ditabur pemuda, hampir setahun lalu di sepanjang jalur irigasi di Sangkir Garagahan di kawasan Kampung Tanjung itu dan sudah memasuki masa panen.

Awalnya, 20 ribu bibit Ikan nila dan majalaya ditebar dalam bandar irigasi tersebut dan telah dipelihara hampir setahun terakhir.

Sementara mancing mania Minggu besok yang digelar pemuda tersebut diyakinkan akan dibanjiri ratusan pencandu olahraga memancing dari berbagai daerah di Sumbar sesuai undangan dan promosi yang dilakukan.

(Ardi)

To Top