Pemkab Agam

Miliki Komitmen Dalam Perlindungan Anak, Agam Raih Peringkat I Anugerah KPAI 2022

Jakarta, kaba12.com — Kabupaten Agam memiliki komitmen yang kuat dalam perlindungan anak dan eksist dalam bidang pelaporan berbasis Sistim Informasi Monitoring dan Evaluasi Pelaporan (SIMEP) menjadi penilaian khusus bagi Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Pusat.

Kuatnya komitmen Pemkab.Agam dalam perlindungan anak tersebut, menjadi kerangka penting ditetapkannya daerah ini sebagai terbaik I sebagai penerima Anugerah KPAI Pusat tahun 2022 untuk kategori kabupaten secara nasional, bersama kabupaten 19 kabupaten lain di Indonesia, dan hanya satu-satunya kabupaten yang meraih penghargaan terbai tersebut.

Dari Sumatera Barat, Pemprov Sumbar berada di peringkat 4 setelah Riau dan Sumatera Utara peraih Anugerah KPAI 2022 kategori SIMEP, termasuk Kota Pariaman peringkat 5 dari 6 pemerintah kota se Indonesia yang meraih penghargaan tersebut.

Khusus kabupaten Agam, penetapan peraih nominasi terbaik tahun 2022 oleh KPAI Pusat itu ditetapkan dengan surat keputusan nomor 30 tahun 2022 yang ditandatangani Ketua KPAI Pusat Susanto, dengan undangan khusus yang disampaikan pada Bupati Agam nomor 604/Sekrt-KPAI/07/2022, tanggal 8 Juli 2022 untuk menghadiri kegiatan penyerahan Anugerah KPAI 2022 di Hotel Red Top Jakarta, sekaligus diminta memberikan sambutan dan apresiasi terkait anugerah nasional tersebut.

Dalam acara yang dihadiri para menteri Kabinet Indonesia Kerja itu, Ketua KPAI Pusat Susanto menyebutkan, masalah perlindungan anak menjadi kajian penting dan program pemerintah untuk menjaga dan memelihara generasi masa depan bangsa.

Saat ini, ulasnya banyak potensi yang merugikan dan mengancam perlindungan anak, menyusul kemajuan era tekhnologi informasi yang rentan memicu ancaman pada anak, jika tidak dilakukan langkah-langkah antisipasi dan komitmen semua pihak, termasuk pemerintah di daerah untuk memaksimalkan program perlindungan anak secara massif dan terstruktur.

Peran pemerintah daerah di seluruh Indonesia, sebut Susanto beberapa tahun belakangan sudah semakin signifikan dalam komitmen, program dan aplikasi perlindungan anak bersama seluruh elemen yang ada, “ hal ini harus terus menjadi perhatian serius dalam upaya mendorong terlaksananya program perlindungan anak, “ sebutnya.

Penyerahan Anugerah KPAI 2022 yang dihadiri Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak itu, dihadiri ratusan utusan penerima anugerah seluruh Indonesia, baik dari kalangan pejabat propinsi, kabupaten-kota termasuk tokoh-tokoh yang terlibat aktif dalam perlindungan anak di Indonesia.

HARMEN

To Top