Kaba Bukittinggi

Meriahkan TdS 2019 Dinas Pertanian Gelar Lomba Tanaman Hias

Bukittinggi, KABA12.com — Pemko Bukittinggi melalui Dinas Pertanian dan Pangan, menggelar pameran dan lomba tanaman hias. Kegiatan itu dilaksanakan selama enam hari sejak Senin (28/10) hingga Minggu (03/11) mendatang.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Bukittinggi, Syahrizal DT. Palang Gagah, menjelaskan, pameran dan lomba tanaman hias ini, diadakan untuk memeriahkan Tour de Singkarak 2019 sekaligus meningkatkan kreatifitas, inovasi masyarakat mengembangkan tanaman hias serta upaya pemasarannya. Pameran tanaman hias akan dilaksanakan mulai tanggal 28 Oktober hingga hari pelaksanaan Tour de Singkarak 03 November 2019. Sedangkan Lomba sebanyak enam kategori akan dilaksanakan setiap hari selama pameran.

“Lomba Landscape diikuti Kelompok Tani Tanaman Hias pada 29 Oktober, Lomba menghias bunga papan diikuti kelompok tani selama dua hari 30-31 Oktober 2019, lomba stand dikuti Kelompok tani selama pameran, lomba merangkai bunga untuk umum dilaksanakan pada Jumat 01 November 2019, lomba tanaman hias jenis anthurium Jenmanii dan Anggrek Spesies untuk umum pada Sabtu 2 November 2019,” jelasnya.

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, mengapresiasi kegiatan ini, karena tentunya dapat membangkitkan serta meningkatkan semangat para penggiat tanaman hias di kota Bukittinggi. Selain itu, Wako juga meminta Dinas Pertanian maupun SKPD lain dapat lebih memperhatikan petani tanaman hias, sehingga kebutuhan tanaman hias mampu dipenuhi petani lokal.

Demikian pula harapan Walikota kepada BUMN dan BUMD yang ada di Bukittinggi agar lebih banyak menggunakan tanaman hias petani lokal Bukittinggi. Sudah saatnya semua elemen ikut bersama memperindah kota dari hasil petani lokal.

“Sebetulnya sudah banyak peluang bagi kelompok tani. Karena itu kami berharap kelompok tani bersemangat ikut dalam setiap peluang yang diberikan Pemko. Termasuk dalam mengisi dan memelihara taman di Pedestrian Jam Gadang. Isi pula hotel-hotel dan BUMN BUMD yang ada di Bukittinggi,” ujar Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias saat membuka Pameran dan Lomba Tanaman Hias di Pedestrian Jam Gadang, Senin (28/10).

Pembukaan ditutup dengan penyerahan tanaman hias kepada badan usaha yang ada di Bukittinggi. Wako Ramlan juga berkesempatan meninjau stand Pameran dari delapan komunitas tanaman hias yang terdiri dari enam kelompok tani, Perhimpunan Anggrek Indonesia serta Bukittinggi Bonsai Club.

(Ophik)

To Top