Kaba Terkini

Menteri Sandiaga Uno Ikut Memasak ‘Cubadak Kicuah’

Sungaibatang, kaba12.com — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Salahuddin Uno turut ikut serta memasak makanan khas Minangkabau yaitu ‘cubadak kicuah’ saat agenda kunjungannya di Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Jum’at (27/8).

Dalam kesempatan itu, Menteri Sandiaga Uno didampingi Wakil Bupati Agam Irwan Fikri dan Ketua DPRD Agam Novi Irwan mengaduk kuliner khas Minangkabau itu di dalam sebuah kuali besar.

Kegiatan memasak gulai ‘cubadak kicuah’ itu dilakukan di halaman kediaman tokoh budayawan Minangkabau Angku Yus Dt Parpatiah di Jorong Nagari.

Diketahui, ‘cubadak kicuah’ merupakan salah satu kuliner khas Kabupaten Agam tepatnya di wilayah Salingka Danau Maninjau. Makanan tersebut terbuat dari bahan utama yakni potongan buah nangka muda. Dari tampilannya, kuliner ‘cubadak kicuah’ ini sangat menyerupai rendang daging pada umumnya.

Asal muasal nama kuliner ‘cubadak kicuah’ bermula karena kebanyakan orang sering terkecoh (ta-kicuah) yang mengira makanan itu adalah rendang daging, namun jika dilihat lebih teliti ternyata terbuat dari nangka muda yang dipotong-potong.

Kuliner ini biasanya sering ditemukan dalam acara- acara pernikahan atau baralek di kawasan Salingka Danau Maninjau.

Selain mengikuti kegiatan memasak ‘cubadak kicuah’, Menteri Parekraf juga melihat langsung atraksi beladiri ‘silek lanyah’ oleh anak nagari yang dilakukan di atas lumpur. Ia tampak memukau dengan adanya penampilan atraksi tersebut.

Kunjungan Menteri Parekraf Sandiaga Uno di Nagari Sungai Batang adalah dalam agenda peninjauan langsung ke salah satu desa/nagari yang lolos nominasi 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

“Total lebih dari 75.000 desa di Indonesia yang mengikuti program ADWI tahun 2021. Dan Alhamdulillah, desa wisata Sungai Batang berhasil masuk nominasi 50 besar sebagai desa wisata terbaik di Indonesia,” kata Sandiaga.

Ia juga mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dan berkontribusi terhadap kemajuan desa wisata Sungai Batang masuk nominasi 50 besar ADWI 2021.

Diharapkan, pasca pandemi Covid-19, desa wisata Sungai Batang dapat menjadi tujuan wisatawan nusantara dan mancanegara, sehingga mampu mendorong peningkatan ekonomi masyarakat sekitar.

(Bryan)

To Top