Kaba Terkini

Menteri ESDM Minta Daerah Fokus Energi Primer

Bukittinggi, KABA12.com —  Menteri ESDM Ignasius Jonan gelar rapat  koordinasi pembangunan infrastruktur sektor energi dan sumber daya mineral dengan seluruh stakeholder di provinsi Sumatera Barat, di Balai Sidang Bung Hatta Bukittinggi, Jumat (12/05).

Kegiatan juga dihadiri Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Mulyadi, Sekjen ESDM, anggita DPRD Sumbar, Bupati dan Walikota se-Sumbar itu dibuka secara resmi Asisten Ekonomi, Pembangunan dan Kesra Sumbar Ir.Syafruddin.

Dalam sambutannya Syafruddin  mengapresiasi kedatangan Menteri ESDM di ranah Minang. Ia menyebutkan Sumbar merupakan wilayah yang memiliki anugerah energi terbarukan, dengan potensi sebagai lumbung energi hijau, “namun masih  97,2% desa yang belum teraliri listrik, dimana 42% nya berada di kepulauan Mentawai, kita minta perhatian lebih dari menteri ESDM,” ungkap Syafruddin.

Wakil Ketua  komisi VII DPR RI Ir. Mulyadi mengatakan, Sumbar memiliki potensi alam dengan pariwisata yang Indah, namun hal itu tkdak akan berkembang tanpa didukung infrastruktur.

“Sumbar berbeda dengan Riau yang kaya dengan sumber minyak,  kita punya keindahan alam, potensi ini yang perlu dijual untuk mendatangkan pemasukan bagi daerah,” ujar politisi partai Demokrat itu.

Menanggapi hal itu Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan, Sumbar yang sangat indah disarankan fokus pada energi terbarukan.

 Sumbar harus mempertahankan daya pasok energi tapi tetap mengurangi pencemaran lingkungan.

” Pariwisata di Sumbar utamakan energi baru terbarukan, harus fokus pada energi primer yang dimiliki  masing-masing daerah,” papar Ignasius Jonan.

Rakor menteri ESDM bersama stake holder di Sumbar itu juga membedah berbagai hal terkait dengan pengembangan potensi energi di Sumbsr dan peluang daarah dalam mendorong potensi alam yang dimiliki.

Dalam momen tersebut, juga  digelar penandatanganan berita acara serah terima hibah lampu penerangan jalan umum (PJU) kepada Pemko. Bukittinggi, Pemkab 50  Kota, dan Pemkab. Agam.

(Jaswit)

To Top