Kaba Terkini

Menkominfo Lelang Dua Frekuensi Untuk Menunjang Kapasitas Kota Besar

Tekno, KABA12.com — Beragam permasalahan kapasitas jaringan Indonesia menjadi perhatian khusus para pakar telekomunikasi. Hal ini terkait dengan kebutuhan jaringan dikota-kota besar yang semakin padat merayap. Untuk itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengadakan lelang frekuensi kepada operator eksisting untuk menambah kapasitas jaringan yang berada di kota tersebut.

Seperti yang dilansir warta10.com, terkait Peraturan Menteri (Permen) yang menyebutkan proses lelang tersebut akan dikeluarkan sekitar akhir Maret 2017. Nantinya direncanakan untuk operator pemenang akan melakukan refarming. Dan diharapkan pada akhir 2017, operator pemenang lelang sudah bisa beroperasi dengan menggunakan frekeuensi yang dimenanginya.

Menteri Komunikasi dan Informatikan (Menkominfo) Rudiantara dalam diskusi Optimalisasi Spektrum Radio Guna Mendukung Akselerasi Program Nawacita yang digelar Telco Editor Forum di Jakarta, mengungkapkan, frekuensi yang dilelang tersebut yakni Frekuensi 2.100 MHz dan 2.300 MHz. dan direncanakan akhir 2017 ini operator pemenang dapat beroperasi. “Frekuensi 2.100 MHz dan 2.300 MHz akan dilelang bareng. Jadi, pemenangnya harus sudah ditetapkan pertengahan tahun juga karena diperlukan proses refarming setelahnya. Kita ingin akhir tahun semua harus sudah selesai,” ujar Rudiantara.

Selain itu, Rudiantara juga menjelaskan, nantinya operator yang menjadi peserta lelang akan dibatasi. Hal ini dikarenakan masalah kapasitas spectrum yang akan digunakan. “Nah ini pesertanya terbatas karena spektrum ini bukan untuk menjawab masalah coverage operator, tetapi masalah kapasitas,” pungkasnya.

(Dany)

To Top