Kaba Terkini

Makin Eksis, KPM-PKH Nagari Nan Tujuah Ikuti Lomba B2SA Agam

Palupuah,kaba12.com — Kelompok Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM – PKH) 3 jorong di Nagari Nan Tujuah, masing-masing Jorong Paninggiran Bawah, Jorong Paninggiran Ateh dan Jorong Sariak Laweh Kecamatan Palupuh ikuti Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi dan Aman (B2SA) Tingkat Kabupaten Agam di Kecamatan Palupuh,Rabu,(30/10) kemarin.

KPM-PKH di tiga jorong tersebut sukses mengembangkan berbagai jenis produk makanan ringan yang kini dikembangkan para anggota PKH tersebut, bahkan sukses menjadi salah satu kegiatan usaha di wilayah tersebut.

Sebelumnya tahun 2018 KPM-PKH di tiga jorong melakukan kegiatan KUBE dengan berkebun, namun tidak berhasil, karena banyak hewan liar seperti kera, babi dan binatang lain yang mencabut dan merusak tanaman mereka.

Pendamping SDM PKH, Riska Sepriarti mencoba memberikan solusi lain kepada kelompok untuk membuat produk makanan ringan yang bisa dititipkan di warung-warung terdekat, karena pendamping melihat setiap warung menyuplai barang dagangan dari orang luar, maka kelompok menyetujui untuk membuat stik ubi ungu dan stik kentang tanpa pengawet, pewarna, dan perasa.

Menurut Arfi Yunanda, Kabid.Linjamsos Dinsos Agam, setelah berjalan sekitar 10 bulan, pendapatan kelompok cukup meningkat, dan pembuatan makanan ringan itu, mulai dijual di warung terdekat dan menerima pesanan tetangga.

” Alhamdulillah, hasilnya membanggakan, bahkan hasol olahraga KPM-PKH di tiga jorong itu, ikut tampil lomba cipta menu Beragam Bergizi dan Aman ( B2SA) Tingkat Kabupaten Agam di kecamatan Palupuh,” ulas Arfi Yunanda.

Koordinator PKH Kecamatan Palupuah Nelly Warni menawarkan kepada kelompok untuk mengisi stand dalam acara tersebut, bahkan hasil dagangan mereka terjual habis.

Bahkan, Rahman SIP, Asisten I Setda Agam, didampingi Sekretaris Dinas Sosial Agam Asfialdi, dalam peninjauannya setelah pembukaan acara Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi dan Aman Tingkat Kabupaten Agam, mengaku bangga.

Disebutkan Rahman, kegiatan seperti yang dikembangkan itu, menguntungkan bagi kelompok KPM PKH dimana pada acara ini semakin banyak warga dari kecamatan lain yang mengetahui bahwa di Palupuh ada KUBE PKH yang mengolah sukses makanan ringan.

Yang membanggakan, ulas Arfi Yunanda lagi, ada yang menawarkan untuk meletakkan hasil olahan KPM-PKH itu di KPN kecamatan Palupuh.

Ditambahkan, biasanya kelompok mengolah makanan untuk dijual hanya dalam kurun waktu 2 minggu sekali.

Dampak ikutsertanya kelompok KPM PKH pada acara Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi dan Aman kelompok ini akan mengolah makanan untuk dijual minimal 1 minggu sekali tergantung banyaknya permintaan,” Alhamdulillah, respon banyak pihak sangat positif dan KPM PKH nagari Nan Tujuah sudah kebanjiran order, kami bangga sekali,” ungkap Arfi Yunanda.

(Jaswit)

To Top