Kaba Bukittinggi

Kualitas Udara Tak Sehat Walikota Instruksikan Sekolah Libur 2 Hari

Bukittinggi, KABA12.com — Kondisi kualitas udara di kota Bukittinggi khususnya, semakin hari semakin menunjukkan penurunan. Pada Sabtu (21/09) kualitas udara di Kabupaten Agam dan Kota Bukitinggi tercatat 278 pg/m³. Namun pada Minggu (22/09) BMKG stasiun Pemantau Atmosfir Global Bukit Koto Tabang, mencatat, kualitas udara 341pg/m³, masuk kategori tidak sehat.

Menanggapi informasi tersebut, Walikota Bukittinggi melayangkan surat edaran, untuk meliburkan proses belajar mengajar untuk dua hari kedepan, Senin hingga Selasa 23-24 September 2019.

Walikota Bukittinggi, melalui Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Bukittinggi, Melfi Abra, saat dihubungi KABA12.com, Minggu (22/09), menjelaskan, surat edaran untuk meliburkan pelajar selama dua hari kedepan, memang terkait kualitas udara yang sudah masuk kategori tidak sehat. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi agar para pelajar tidak terkena oenyakit akibat kabut asap.

“Kami terus berkoordinasi dengan BMKG-GAW Koto Tabang, untuk memastikan kualitas udara. Saat mendapat informasi kualitas udara masuk kateglri tidak sehat, kami langsung meminta arahan dari wali kota, yang langsung memerintahkan untuk meliburkan pelajar selama dua hari kedepan. Karena menurut prediksi BMKG -GAW, kualitas udara Senin dan Selasa besok, masih masuk kategori tidak sehat,” jelas Melfi.

Lebih lanjut, Kadisdikbud Bukittinggi menyampaikan, untuk Kepala Sekolah, Guru dan karyawan tetap menjalankan tugas seperti biasa dalam rangka menyelesaikan administrasi sekolah, media pembelajaran, serta menyampaikan materi pembelajaran secara mandiri kepada peserta didik.

“Pihak sekolah juga diharapkan memberikan informasi ini kepada orang tua murid untuk memaksimalkan pembelajaran secara mandiri di rumah dan mengurangi aktivitas di luar ruangan. Orang tua juga diminta menjaga kesehatan anak dengan banyak konsumsi air mineral dan buah-buahan serta menggunakan masker,” ujarnya membacakan edaran Wako itu.

Melfi Abra juga menambahkan, untuk hari Rabu atau haru selanjutnya, jika kualitas udara masih dalam kategori tidak sehat, akan diberikan informasi lebih lanjut.

(Ophik)

To Top