Kaba Terkini

Kualitas Udara Makin Mencemaskan, Kabut Asap Makin Tebal di Agam

Lubukbasung, kaba12.com — Kualitas udara di wilayah kabupaten Agam makin mencemaskan.

Sepekan terakhir, kabut asap kiriman akibat karhutla di propinsi tetangga makin menebal. Pengaruh hujan dua hari terakhir ternyata tidak memberi dampak berarti untuk membersihkan udara dari kabut asap.

Sementara pantauan kaba12.com, makin tebalnya kabut asap, justru masih tidak begitu dihiraukan masyarakat, dibuktikan masih banyak warga yang beraktivitas di luar ruang, bahkan warga terlihat masih enggan menggunakan masker, termasuk anak-anak sekolah.

Informasi yang diperoleh kaba12.com dari camat Baso Surya Wendri, ketebalan kabut asap di wilayah itu makin mencemaskan, dibuktikan Sabtu,(21/9) dibanding beberapa hari sebelumnya, kabut asap justru makin tebal.

Wilayah Baso, Ampek Angkek, Canduang sampai ke wilayah Barat kabupaten Agam di Tanjung Mutiara, udara justru makin lembab dipenuhi kabut berasap yang ditengarai akibat kiriman asap akibat kebakaran hutan dan lahan di propinsi Riau dan Jambi.

” Kualitas udara makin menguatirkan, kami himbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan dan memakai masker,” sebut M.Lutfie kepala BPBD Agam.

Kondisi ini dikuatirkan masih akan berlanjut karena perkiraan cuaca BMKG musim kemarau masih akan panjang sampai bulan November mendatang, sehingga dikuatirkan kabut asap masih akan semakin tebal jika karhutla tidak tertangani segera.

HARMEN

To Top