Dinas Pertanian Agam

Danrem 032 Wirabraja Tanam Padi Perdana Hasil Cetak Sawah Baru di Agam

Tiku, KABA12.com — Komando Resort Militer 032 Wirabraja melakukan penanaman padi perdana di lokasi cetak sawah baru di Tiku V Jorong, Tanjung Mutiara Agam, Kamis (28/09).

Penanaman padi perdana tersebut dihadiri Dandim 0304 Agam Letkol Kav Salim Kurniawan Dewantara, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Sumbar Candra, Kepala Dinas Pertanian kabupaten Agam Afdal, Kapolres Agam, Direksi PT. Mutiara Agam, camat beserta muspika, walinagari, kelompok tani dan masyarakat setempat.

Kasrem 032 Wirabraja  Kolonel Arh Sonny Septiono Molen Karmanto memberikan apresiasi kepada KAN Tiku V Jorong yang sudah menyerahkan lahan untuk cetak sawah baru tersebut.

“Terimakasih atas atensi kita semua atas keberhasilan ini. Terimakasih kepada KAN Tiku V Jorong yang telah bersedia memberikan lahan untuk sawah ini. Tahun ini yang diserahkan seluas 71 hektare. Akhir tahun ini selesai ditanami,” ungkap  Sonny Septiono.

Ia menjelaskan, tahap pertama cetak sawah sebelumnya masyarakat  bersama TNI telah mencetak sawah baru seluas 40 hektare. Sementara untuk hari ini, akan dilakukan penanaman benih padi dengan luas lahan seluas 8 hektare.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Sumbar, Candra mengatakan cetak sawah baru di Sumbar tersebar  di lima kabupaten dan kota masing-masing di Kabupaten Agam  71 hektare,  Dharmasraya 150 hektare, Lima puluh Kota seluas 150 hektare, Solok Selatan 92 hektare dan Pasaman Barat seluas 137 hektare.

“Pembukaan lahan sawah baru  untuk pemanfaatan lahan yang tidak produktif, untuk alih fungsi lahan sawah,” sebut Candra.

Ia berharap dengan cetak sawah baru tersebut semakin meningkatkan produksi padi di Sumbar sehingga tercapai swasembada pangan.

(Jaswit)

To Top