Kaba Terkini

Komunitas Hipnotis Bantu Korban Gempa Cianjur

Cianjur, kaba12.com — Perkumpulan Komunitas Hipnotis Indonesia (PKHI) dan alumni Indonesian Hypnosis Centre (IHC) berkomitmen dalam memberikan bantuan kemanusiaan pada korban bencana.

Bantuan diberikan berupa penyembuhan trauma akibat bencana.

Setelah menurunkan tim untuk penyembuhan trauma korban peristiwa sepak bola di Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, PKHI bersama IHC, Jumat ini (2/12) dan pekan-pekan berikutnya secara bergilir menurunkan master- masternya ke Cianjur untuk pemulihan trauma para korban gempa Cianjur.

Program bantuan pemulihan trauma pasca gempa Cianjur juga disampaikan oleh Direktur IHC Ir Avifi Arka MM CHt CI yang juga ketua Umum PKHI dalam pengukuhan 30 instruktur hipnoterapi, Rabu, (30/11).

Gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 21 November 2022 mengakibatkan lebih dari 300 orang meninggal, 7.729 luka-luka, 595 diantaranya luka berat.

Menurut catatan yang disampaikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hingga Sabtu sore (26/11/2022) sebanyak 58.049 bangunan rumah rusak, 25.186 di antaranya rusak berat, sisanya rusak sedang dan ringan. Dan, 73.693 orang tercatat masih mengungsi.

Tonggak Sejarah Baru
Indonesian Hypnosis Centre (IHC) menancapkan tonggak sejarah baru dengan pengukuhan 30 instruktur hipnoterapi, Rabu, (30/11).

Pengukuhan dilakukan secara hybrid melalui link zoom dihadiri Direktur Kursus dan Pelatihan Kemendikbud Ristek Dr Wartanto MPd, Direktur IHC Ir Avifi Arka MM CHt CI serta pengurus Perkumpulan Komunitas Hipnotis Indonesia (PKHI) dari berbagai daerah.

Pikiran, Perasaan dan Prilaku

Avifi mengungkapkan, layanan hipnoterapi sudah banyak dimanfaatkan masyarakat untuk mengatasi masalah terkait pikiran, perasaan dan perilaku.

Hipnoterapi adalah terapi dengan menggunakan metode hipnosis. Berasal dari kata hipnosis dan terapi. Hipnosis adalah cabang ilmu psikologi yang mempelajari pengaruh sugesti terhadap pikiran.

Dalam literatur Barat hipnosis disebut hypnotism dan orang yang melakukan hipnosis disebut hypnotis.

Ditegaskan, hipnotis adalah ilmiah. Setiap orang bisa mempelajari. Tidak seperti anggapan awam bahwa hipnosis menggunakan kekuatan mistik dan kuasa gelap serta melanggar ajaran agama.

Menurut Avifi, masalah yang terkait dengan pikiran, perasaan dan prilaku seperti stress, kecemasan, kecanduan, gagap, latah, trauma bisa ditangani dengan hasil yang sangat signifikan. Begitupun masalah psikis dan psikosomatis lainnya.

Standar Kompetensi

Pada kesempatan yang sama Direktur Kursus dan Pelatihan Kemendikbud Ristek Wartanto menegaskan, pelatihan hipnoterapi harus dilaksanakan oleh LKP dengan standar kompetensi dan disusun oleh organisasi profesi. Di samping itu harus disahkan oleh pemerintah dalam hal ini adalah Kemendikbud Ristek.

Selain hipnoterapi, terapan hipnotis saat ini juga sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat.

Diantaranya, hypno parenting (pola asuh orang tua), stage & street hypnosis (hiburan seperti di televisi atau media sosial), forensic hypnosis (untuk para praktisi dan penegak hukum), hypno selling (teknik menjual), hypno motivation, hypnowriting, hypno birthing (melahirkan tanpa rasa sakit), medical hypnosis (mental anestesi, khitan tanpa sakit, cabut gigi tanpa sakit) dan lainnya.

HARMEN

To Top