DPRD Agam

Komisi II DPRD Agam Kunjungi DKPP Sumbar

Padang, kaba12.com — Dalam rangkaian silaturrahmi yang secara konsisten dilakukan jajaran DPRD Agam berbagai lembaga tingkat propinsi dan kabupaten-kota di Sumbar kerap dikunjungi.

Seperti halnya Komisi II DPRD Agam yang dipimpin Rizky Abdillah Fadhal ketua Komisi II beserta anggota komisi, didampingi unsur sekretariat, berkunjung ke Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi (DKPP) Sumbar yang diterima oleh kadis Ir.Yosmeri, Sekretaris Dr.Ir.Desniarti, MM bersama jajarannya, Senin,(28/10).

Dalam pertemuan tersebut Rizki Abdillah Fadhal menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan tersebut dalam rangka silaturrahmi dan menggali informasi tentang pemberdayaan nelayan, kelautan dan pembudidayaan ikan kecil, untuk menambah referensi Komisi II dalam penyusunan ranperda inisiatif.

Menurut Jondra Marjaya anggota Komisi II DPRD Agam dalam pertemuan itu menyampaikan keluhan dari masyarakat tentang pemasaran ikan lele, khusus di Palembayan sekarang ini petani lele sedang giat menggembangkan 100 kolam dan meminta kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Sumbar untuk mencari solusi untuk pemasaran lele, agar masyarakat tidak dirugikan.

Selain itu, Joni Putra, anggota Komisi II, berharap kepada DKPP Sumbar untuk bisa membudidayakan ikan yang telah langka seperti udang yang di air bandar untuk sekarang sudah hampir punah.

Menanggapi hal itu, Kepala DKPP Sumbar Ir Yosmeri mengatakan DPRD Sumbar pada tahun 2020 akan mengarap dan merancang tiga Ranperda seperti perlindungan petani dan nelayan.

Sesuai dengan undang-undang No. 16 tentang nelayan propinsi hanya mengurus yang dilaut sedangkan di air tawar diserahkan ke kabupaten/kota di Sumbar.

Dijelaskan, untuk melindungi dan menghindari konplik petani dan nelayan dalam waktu dekat akan dibahas ranperda perlindungan petani dan nelayan oleh DPRD Sumbar.

“DKPP Sumbar siap membantu atau memberi informasi kepada Komisi II DPRD Agam untuk penyempurnaan Ranperda Inisiatif DPRD Agam yang akan dibahas komisi II DPRD Agam.

Dalam kesempatan tersebut pimpinan komisi II DPRD Agam juga mengucapkan terimakasih atas masukan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar, ” nantinya Ranperda yang dibuat DPRD Agam bisa bekerjasama membangun ekonomi masyarakat dengan meningkatkan pemberdayaan nelayan nantinya ,” ulas Rizki Abdillah Fadhal.

HARMEN

To Top