Kaba Terkini

Kembangkan Durian Premium di Agam, KT.Lubukbasung Studi Tiru ke Ikeherismen Farm

50 Kota, kaba12.com — Berupaya dorong pengembangan komoditi durian premium di Kabupaten Agam yang kini menjadi salah satu komoditi terkemuka di Sumbar, sebanyak 30 orang anggota Karang Taruna Nagari Lubukbasung gelar studi tiru ke Ikeherismen Farm di Nagari VII Koto Talago, kecamatan Guguak, Kabupaten 50 Kota, Minggu kemarin.

Studi tiru yang digelar, merupakan tindak lanjuti dari kegiatan peningkatan kapasitas Karang Taruna Nagari Lubukbasung yang digelar selama 3 hari sebelumnya, dengan materi praktisi seni dalam mengenal music dan budaya, sosialisasi dari dinas sosial yang menyajikan materi mengenal karakter karang taruna dan dari dinas Perindagkop.UMKM Agam tentang kegiatan koperasi untuk kawula muda.

Studi tiru yang digelar, diharapkan bisa mendorong pengembangan potensi durian premium di kabupaten Agam, khususnya di Lubukbasung yang diyakini akan bisa menjadi salah satu komoditi penting dalam mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Seperti dijelaskan Ketua Karang Taruna Nagari Lubukbasung Eko Vanrizki, ,ST dan Fadhly Ikhsan Indra,M S,Sn, ketua Karang Taruna Kecamatan Lubukbasung, studi tiru ke Ikeherismen Farm di Nagari VII Koto Talago itu, merupakan salah satu program kaum muda di Lubukbasung, karena sesuai hasil penelitian, durian premium menjadi salah satu komoditi yang cocok untuk dikembangkan di Lubukbasung.

Dengan melibatkan 30 peserta dari unsur karang taruna, kegiatan yang mendapat dukungan penuh dari Walinagari Lubukbasung Dharma Ira Putra itu, menjadi salah satu tahapan penting dalam upaya mendorong peran aktif kaum muda, khususnya yang tergabung dalam organisasi Karang Taruna, agar bisa berbuat lebih untuk masa depan kelak.

“Kita berharap, dengan program yang dikembangkan saat ini, bisa lebih mendorong peran aktif para generasimuda, tidak hanya peduli pada kegiatan pertanian, pengembangan potensi, tapi juga harus peduli terhadap lingkungan, “ ungkap Eko Vanrizki.

Disisi lain, ketua KT.Kecamatan Lubukbasung Fadhly Ikhsan Indra, meyakini, para generasimuda sangat berharap dukungan dan dorongan dari berbagi pihak, karena program yang dirancang bisa fokus dan lebih optimal yang sasaran akhirnya juga untuk kepentingan masyarakat luas.

Studi tiru yang digelar sehari penuh itu, mendapat apresiasi dari banyak kalangan, terutama para penasehat pemuda di Lubukbasung, yang berharap, program yang didukung pemerintah nagari Lubukbasung itu bisa berjalan konsisten untuk peningkatan peran generasimuda.

HARMEN

To Top