Kaba Terkini

Kejaksaan Musnahkan BB Narkoba

Bukittinggi, KABA12.com — Setelah mempunyai kekuatan hukum tetap, Rabu (19/07) siang dilakukan pemusnahan barang bukti (BB) di Kejaksaan Negeri Bukittinggi.

Untuk pemusnahan tersebut, khusus narkoba yaitu sekitar 26 Kg lebih ganja dan sabu seberat 75,72 gram.

Pantauan KABA12.com pemusnahan dilakukan dengan cara pembakaran  di halaman Kejari Bukittinggi dipimpin langsung  Kajari, Zulhadi Savitri Noor SH bersama Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, Kapolres Bukittinggi, AKBP Arly Jembar Jumhana SIK MH, beberapa pihak terkait lainnya serta pihak dari Kesbangpol Linmas Bukittinggi.

Untuk pembakaran sendiri, digunakan dua buah drum yang diletakkan di tengah-tengah halaman.

Untuk menghilangkan efek asap narkoba yang dibakar, petugas Kejari Bukittinggi sudah menyiram BB dengan minyak tanah terlebih dahulu.

Kajari Bukittinggi, Zulhadi Savitri Noor SH didampingi Kasi Pidum, Efandri Eka Saputra SH yang ditemui di sela-sela pembakaran menjelaskan, kalau semua barang bukti tersebut dibakar setelah kasusnya mempunyai kekuatan hukum tetap, atau kasusnya sudah selesai disidangkan dan pelakunya sudah menjalani hukuman di lembaga pemasyarakatan. Pembakaran sendiri  sudah diatur di dalam aturan yaitu penyitaan barang bukti oleh kejaksaan untuk kemudian dimusnahkan.

Selain itu, pembakaran pertama tahun ini atas perintah dari Pengadilan Negeri Bukittinggi, sebab kasusnya sudah selesai disidangkan.

Setidaknya dalam pembakaran barang bukti narkoba ini yaitu dua kasus ganja kering dengan berat 26,949,73 Kg dan sabu seberat 75,71 gram.

Semua barang bukti yang dimusnahkan tersebut merupakan kasus sejak Januari sampai Juni 2017 yaitu sebanyak 28 perkara dengan beberapa orang tersangka. Perinciannya, 10 perkara kasus ganja dan 18 perkara kasus sabu.

“Selanjutnya, kita juga menunggu selesainya kasus ganja 20 Kg yang masih di tangan Polres Bukittinggi. Kalau sudah ingkah, nanti juga akan dimusnahkan,” tambah Kasi Pidum Efandri.

(Ikhwan)

To Top