Kaba Pemko Bukittinggi

Kampung KB Gurun Tigo Goro Bersihkan Lingkungan

Bukittinggi, KABA12.com — Ratusan masyarakat Gurun Tigo, kelurahan Puhun Tembok, kecamatan MKS, mengadakan goro bersama membersihkan lingkungan, Minggu (01/09). Kegiatan ini, didukung penuh oleh pemerintah kecamatan MKS, kelurahan Puhun Tembok dan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3APPKB).

Yudo Triando, penyuluh KB DP3APPKB Bukittinggi, menjelaskan, Kampung KB, merupakan satuan wilayah setingkat rukun warga, dusun atau stara dengan kriteria tertentu, sebagai wujud dari pelaksanaan agenda prioritas pembangunan Nawacita ke 3,5 dan 8, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dari sisi kewilayahan dan pembinaan karakter bangsa dari keluarga. Kampung KB menjadi daerah yang sangat perlu perhatian, tidak hanya dari DP3APPKB, namun seluruh skpd terkait lainnya, agar kampung KB berkembang dan tidak lagi menjadi daerah tertinggal.

“Harapannya banyak pihak yang tersentuh untuk membantu mengembangkan kampung KB, tidak hanya lingkungannya, tapi juga masyarakatnya. Sehingga dengan lingkungan yang bersih, masyarkat dapat hidup sehat dan tingkat ekonominya membaik. Ini bukan tugas dinas KB saja, namun butuh kerjasama seluruh SKPD dan stakeholder terkait, karena masih banyak kegiatan yang harus dipersamakan,” ungkapnya.

Lurah Puhun Tembok, Hatine Atas Asih, menyampaikan, Gurun Tigo merupakan salah satu kampung KB terpadat dan termasuk memiliki KK miskin terbanyak di Bukittinggi. Upaya dari pemerintah kelurahan, untuk memperhatikan Kampung KB, dengan melaksanakan goro bersama dengan menggunakan DAU Tambahan sebesar Rp 20 juta.

“Hari ini kami warga Puhun Tembok, khususnya Kampung Gurun Tigo, laksanakan goro bersama, literasi taman bacaan, Bina Keluarga Remaja, atau pembekalan oleh Duta GenRen dan Forum Indonesia Muda (FIM), bersama DP3APPKB. Kegiatan ini, menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kebersihan dan kesehatan lingkungan di Gurun Tigo khususnya, agar masyarakat lebih dapat mencintai kebersihan lingkungan dan berdampak pada kesehatan mereka. Dengan kondisi yang bersih dan sehat, tentu akan berdampak pula kepada upaya mereka dalam meningkatkan perekonomian ,” jelasnya.

Camat MKS, Emil Achir, mengungkapkan, kegiatan ini merupakan bentuk perhatian dan pemberdayaan Kampung KB Gurun Tigo berseri. Apapun kegiatan yag dilaksanakan untuk pemberdayaan masyarakat, akan terus disupport oleh pihak kecamatan.

“Kami akan terus pantau dan dukung kegiatan seperti ini. Usaha masyarakatnya pun, akan diupayakan agar lebih berkembang. Seperti peningkatan ekonomi dengan memberikan plastik dengan merk lokal UPPKS Puhun Tembok, pembinaan kepada pedaganag agar tidak melanggar aturan, serta peningkatan daur ulang, agar berkualitas dan diterima masyarakat. Sehingga tarf hidup warga Kampung KB di kecamatan MKS, umumnya di Bukittinggi dapat meningkat dan tidak lagi menjadi daerah tertinggal,” ujar Emil Achir.

Selain itu, saat ini pemko dibantu kementrian terkait, tengah melakukan revitalisasi Batang Agam, khususnya di kawasan Gurun Tigo. Nantinya, kawasan tersebut akan menjadi salah satu destinasi wisata tambahan di Bukittinggi. Untuk itu, akan dilakukan sejumlah tahapan, agar menjadi kawasan yang sehat dan asri, seperti pembuatan septic tank komunal.
(Ophik)

To Top