Kaba Terkini

Warga Palupuah Gelar Pawai Obor Peringati Tahun Baru Islam 1441 H

Palupuah, KABA12.com — Ruas jalan Bukittinggi-Medan-Palupuah, Sabtu (31/08) malam, diterangi ribuan obor menyala yang diusung warga se-Kecamatan Palupuah Kabupaten Agam.

Arak-arakan obor itu merupakan pawai yang digelar pemerintah bersama masyarakat setempat dalam rangka menyambut dan memeriahkan tahun baru islam 1441 Hijriah.

Pawai obor itu dilepas secara resmi Camat Palupuh Hasrizal di Nagari Pasialaweh. Arak-arakan obor yang didominasi anak-anak dan usia remaja itu menyusuri perkampungan sambil menggemakan takbir.

Walinagari Pasialaweh, Zul Arfin disela kegiatan itu mengatakan, pawai obor ini sudah jadi tradisi warga setempat setiap memperingati hari-hari penting islam, seperti pergantian tahun hijriah seperti saat ini dan malam takbiran Lebaran Hari Raya.

Tak hanya pawai obor, kegiatan keagamaan lain juga digelar seperti Tabliq Akbar, dan besoknya dilanjutkan dengan Didikan Subub (DDS) gabungan tingkat Kecamatan Palupuah.

“Kita sengaja mengajak anak-anak remaja untuk mengajarkan dan menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya dan nilai-nilai Islam,” sebut Walinagari Pasialaweh itu.

Sementara itu, Pengurus PHBI (Panitia Hari Besar Islam) Nagari Pasialaweh, Rolly Ferdian Pratama menyebutkan, pawai obor peringatan tahun baru islam ini dimulai usai sholat Isya. Peserta start di Simpang Angge Palimbatan dan finish di Masjid Djami’ Al Irsyad Palupuah, yang kemudian diakhiri dengan tausiyah dan muhasabah.

Camat Palupuah Hasrizal menambahkan, semarak menyambut tahun baru Islam digelar serentak disetiap nagari di Palupuah.

(Jaswit)

To Top