Kaba Terkini

Kabut Asap Makin Tebal Selimuti Lubukbasung

Lubukbasung, kaba12.com — Kabut asap kiriman akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) makin tebal di wilayah Lubukbasung, Senin,(23/9) pagi.

Ketebalan kabut asap makin mempersingkat jarak pandang yang ditaksir hanya dalam kisaran 750-1000 meter dengan bau asap yang makin menyengat.

Kondisi ini, membuat warga enggan keluarga rumah menjalankan aktivitasnya, apalagi Pemkab Agam sudah mengeluarkan instruksi meliburkan kegiatan sekolah mulai Senin hingga Rabu lusa untuk mengantisipasi dampak terhadap kesehatan masyarakat khususnya anak-anak sekolah.

Kondisi itu diamini Sekab Agam M.Dt.Maruhun, yang Minggu,(22/9) bersama unsur terkait mengeluarkan instruksi untuk meliburkan sekolah karena kondisi udara yang makin tidak sehat.

Untuk mengantipasi dampak terhadap masyarakat, sebut M.Dt.Maruhun, warga diminta mengurangi aktivitas di luar ruangan, memakai masker jika keluar banyak mengkonsumsi air putih dan buah.

Sekab Agam itu juga meminta warga untuk segera mendatangi puskesmas untuk mencek kondisi kesehatan, jika dirasakan ada kelainan dalam tubuh khusus pernapasan untuk mengantisipasi ISPA, ” petugas puskesmas akan memberi layanan dan akan memberi tindakan medis untuk warga, karena pemerintah sudah menginstruksikan petugas medis untuk siaga,” sebut M.Dt.Maruhun lagi.

Pemkab Agam sendiri juga sudah menyiapkan langkah -langkah antisipasi untuk warga, termasuk membagikan masker pada masyarakat di seluruh wilayah.

Pantauan kaba12.com, kondisi kabut asap di wilayah Lubukbasung Senin pagi ini, makin menguatirkan dan makin menebal dibanding beberapa hari sebelumnya.

HARMEN

To Top