Kaba Terkini

Jembatan di Koto Kaciak Amblas, Akses Jalan Antar Nagari Terancam Putus

Foto: Pemnag Koto Kaciak

Koto Kaciak, KABA12.com — Sebuah jembatan di Jorong Koto Kaciak, Nagari Koto Kaciak, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam mengalami amblas sejak beberapa bulan lalu akibat diterjang air bah. Akibatnya akses jalan
antar nagari terancam putus.

Pantauan KABA12.com, Selasa (17/1) dilokasi, jembatan tersebut mengalami amblas pada kedua sisi bagian oprit atau sambungan segmen dengan diameter sekitar 30 centimeter.

Saat ini akses jalan tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda empat lantaran lubang amblas persis berada di tengah jembatan. Sementara pengendara roda dua terlihat ekstra hati-hati saat melintas di lokasi agar tidak terjatuh.

Wali Jorong Koto Kaciak, Dodi Candra mengatakan, jembatan di atas aliran sungai Batang Rambai itu mengalami amblas sejak bulan September 2022 lalu setelah diterjang air bah. Namun kerusakan semakin parah terjadi pada Desember 2022 sehingga mengganggu akses lalu lintas.

Ia menyebut, pemerintah nagari sudah melaporkan kondisi itu kepada Pemkab Agam melalui Dinas PUTR dan BPBD agar segera ditangani.

“Kami sudah sering melaporkan jembatan ini ke Pemkab Agam agar bisa secepatnya diperbaiki. Namun sampai sekarang belum juga ada penanganan lanjutan dari dinas terkait,” ujarnya kepada KABA12.com, Selasa.

Menurutnya, jembatan tersebut sudah sepatutnya segera diperbaiki karena merupakan akses tercepat menuju nagari tetangga yakni Nagari Paninjauan.

“Harapannya, supaya jembatan ini cepat diperbaiki supaya akses jalan masyarakat bisa kembali lancar,” katanya.


Wali Jorong Koto Kaciak, Dodi Candra meninjau lokasi Jembatan Batang Rambai yang mengalami amblas.

Ditambahkan, pihak Dishub Agam telah memasang water barrier atau rambu-rambu pengaman dilokasi agar pengendara yang melintas berhati-hati.

“Rambu-rambu sudah dipasang, dihimbau kepada pengendara untuk selalu hati-hati saat melewati jembatan itu,” ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang pengendara roda dua, Rahmat menyebut, kondisi jembatan itu saat ini sungguh sangat mengkhawatirkan. Pasalnya, jembatan yang amblas di beton penyangga itu dinilai mengancam keselamatan pengendara terutama pada malam hari karena tidak adanya penerangan.

“Iya, sangat bahaya sekali kalau lewat sini, apalagi malam hari, pengendara sepeda motor bisa jatuh karena tidak ada lampu,” katanya

Ia berharap agar pemerintah daerah bisa segera melakukan perbaikan demi kelancaran akses masyarakat dan keselamatan pengendara.

“Semoga segera diperbaiki, karena kalau dibiarkan akan memicu jatuhnya korban jiwa,” jelasnya.

(Bryan)

To Top