Kaba Terkini

Bersiap Hadang Pemilu 2024, Panwaslu Matur Rekrut Anggota Tingkat Nagari

Matur, kaba12.com — Jajaran Panitia Pengawas Pemilu ( Panwaslu ) kecamatan Matur bersiap menghadapi helat akbar pesta demokrasi 2024. Saat ini, berbagai persiapan tengah dilakukan, termasuk dukungan personil untuk tingkat nagari.

Terkait hal tersebut, sesuai mekanisme yang ditetapkan Bawaslu, terhitung mulai tanggal 14-19 Januari, Panwaslu Kecamatan Matur mulai rekrut anggota pengawas pemilu tingkat nagari. Saat ini, proses penjaringan calon anggota Panwaslu Nagari itu tengah berjalan, bahkan sebagian sudah ada yang mendaftarkan diri untuk diseleksi sebelum ditetapkan masing-masing 1 orang anggota untuk 1 nagari.

Seperti dijelaskan, Aswendi,SHi, didampingi Al Hafidh, ketua dan sekretaris Panwaslu kecamatan Matur menjawab kaba12.com, Selasa,(17/1).

Disebutkan, penjaringan anggota itu mengacu pada Peraturan Bawaslu Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017 Tentang Pembentukan, Pemberhentian, dan Penggantian Antar Waktu Bawaslu Provinsi, Bawaslu Kabupaten/Kota, Panwaslu Kecamatan, Panwaslu Desa/Kelurahan, Panwaslu Luar Negeri, dan Pengawas TPS.

Ditambahkan, saat ini sesuai jadual yang sudah ditetapkan, Pojka Penjaringan Anggota Panwaslu Nagari ( desa/kelurahan) sudah memulai tahapan, bahkan sebagian nagari, di 6 Nagari yang ada di Kecamatan Matur sudah yang mendaftarkan diri.

Dijelaskan, hingga Selasa,(17/1) siang, jumlah pelamar yang telah mendaftarkan diri sebanyak 13 orang masing-masing 2 orang dari Nagari Lawang, 1 orang dari Matur Mudiak, 7 orang dari Matua Hilia, 1 dari Nagari Parik Panjang dan 2 dari Nagari Tigo Balai, “ sementara dari nagari Panta Pauah belum ada pendaftar, “ jelas Aswendi.

Ketua Panwaslu Kecamatan Matur itu berharap, peluang yang dibuka Panwaslu itu bisa dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh komponen yang ada dalam masyarakat untuk berperan aktif dalam kegiatan pesta demokrasi 2024, sebagai wujud tanggungjawab bersama untuk merealisasikan pemilu yang jujur dan adil, sehingga bisa melahirkan para pemimpin terbaik untuk kemasylahatan umat.

Proses penjaringan anggota Panwaslu Nagari di kecamatan Matur itu sendiri, disebutkan mendapat apresiasi dan respon positif dari masyarakat, khususnya dari kalangan generasi muda yang berminat bergabung dengan tim pengawas pemilu di wilayah tersebut.

HARMEN

To Top