Kaba Terkini

Ibnu Asis Serahkan 2 Unit Rumah Maggot

Teks/foto : Harmen*/Kaba12

Bukittinggi, KABA12.com — Ibnu Asis, Anggota DPRD Kota Bukittinggi daerah pemilihan Bukittinggi 1 kembali memperlihatkan kepedulian dan perhatiannya kepada warga Kota Sanjai, khususnya yang berdomisili di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan.

Hal ini terlihat dari kesungguhan dan keseriusannya membantu Kelompok Pembudidaya Maggot yang berada di Kelurahan Manggis Ganting dan Campago Guguk Bulek melalui mekanisme penyaluran bantuan dana pokir untuk pembangunan 2 unit rumah maggot di lokasi tersebut.

Maggot adalah sejenis belatung yang dihasilkan dari Black Soldier Fly (BSF) atau lalat hitam yabg berguna pada proses penguraian atau pembusukan sampah organik yang berasal dari sayuran maupun buah-buahan yang akan menghasilkan kompos. Sementara itu ulatnya dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak unggas atau ikan.

“Saat ini budidaya maggot sedang menjadi usaha alternatif nan produktif di kalangan masyarakat. Karena selain fungsinya untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan, juga bernilai ekonomis,” ungkapnya.

Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Bukittinggi itu mengungkapkan optimismenya bahwa kelompok masyarakat yang sudah fokus melakukan kegiatan pembudidayaan maggot, ke depan akan mendapatkan kesuksesan ganda; baik sebagai pelestari lingkungan hidup maupun sebagai pengusaha maggot. Di samping tentunya ada produk olahan yang dihasilkan dari maggot seperti pakan ternak dan kompos.

Kegiatan itu juga dihadiri Riul Fansah selaku Kepala Bidang Pengelolaan Sampah B3 dan Peningkatan Kapasitas, Ibu Fatmawernis selaku PPTK dari Dinas Lingkungan Hidup beserta staf, Lurah Manggis Ganting Novrianto dan Plt. Lurah Campago Guguk Bulek Eka Putra beserta staf, serta Riky selaku Ketua Kelompok Manggis Maggot dan M. Dar Dir sebagai Ketua Kelompok Rumbata beserta anggota sebagai penerima bantuan Rumah Maggot tersebut.

Sementara itu, Riul Fansah mewakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bukittinggi menyampaikan pesan kepada kedua kelompok penerima bantuan Rumah Maggot agar dapat mendayagunakan Rumah Maggot tersebut sebagaimana fungsinya. Sehingga dari waktu ke waktu Rumah Maggot tersebut semakin produktif dan dapat memberikan kesejahteraan bagi anggota kelompok dan masyarakat luas.

Pada sesi penutup penyerahan bantuan 2 Rumah Maggot tersebut, politisi senior PKS itu mengungkapkan rasa syukur dan terimakasihnya atas segenap aspirasi dan inisiasi kelompok masyarakat dalam rangka mengatasi dan mengurai permasalahan timbulan sampah melalui pembudidayaan maggot di sekitar tempat tinggal masing-masing.

“Mudah-mudahan hal ini akan menjadi contoh dan pembelajaran yang baik bagi kelompok masyarakat lainnya di seluruh Kelurahan di Kota Wisata ini, ” tegasnya mantap.

(Harmen/*)

To Top