Kaba Terkini

Jelang Idul Adha, Harga Kelapa Meningkat Drastis

Lubukbasung, KABA12.com — Harga kelapa di Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, menjelang hari raya Idul Adha meningkat secara drastis.

Menurut salah seorang pengumpul kelapa, Anton (24), warga Kampung caniago, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk Basung, Jumat (9/8) mengatakan saat ini harga kelapa meroket naik, dimana seminggu yang lalu harga kelapa berkisar dari Rp 2.000 hingga Rp 3.000.

Kenaikan harga tersebut dipengaruhi dengan tidak maunya petani menjual kelapa. Jadi, langkanya suatu barang, secara otomatis mempengaruhi harga pasar.

“Saat ini petani enggan menjual kelapanya, karena nanti akan membutuhkan kelapa yang banyak untuk mengolah masakan di Hari Raya Idhul Adha,” katanya.

Sementara itu, kelapa merupakan salah satu bahan pokok untuk mengolah masakan. Masyarakat Kabupaten Agam, khususnya di Lubuk Basung, untuk mengolah masakan terutama daging menggunakan kelapa yang cukup banyak.

Oleh sebab itu, permintaan semakin banyak menjelang hari raya Idul Adha. Dengan langkanya kelapa yang dijual, membuat harga kelapa semakin mahal.

(Ardi)

To Top