Kaba Terkini

Jalinsum Manggopoh- Pasaman Digenangi Banjir, Pengguna Jalan Diminta Waspada

Lubukbasung, kaba12 — Dampak hujan lebat yang mengguyur wilayah Kabupaten Agam sepanjang Rabu, (3/1) masih memicu serangkaian musibah di beberapa lokasi.

Bahkan ruas jalan lintas Sumatra ruas Simpang Gudang Manggopoh – Pasaman di banyak lokasi masih digenangi banjir.

Informasi yang diperoleh kaba12 dari Ario Eka Putra, tokoh masyarakat Lubukbasung yang melintasi ruas Jalinsum sampai ke perbatasan Agam -Pasaman di Tapian Kandih, Palembayan, di banyak titik air masih memenuhi badan jalan dan pemukiman penduduk.

Seperti halnya di depan kantor Wali Nagari Bawan, kecamatan Ampek Nagari, ketinggian air di permukaan jalan menyebabkan para pengguna jalan harus berkendara ekstra hati-hati, bahkan ketinggian air mencapai lutut orang dewasa sehingga kendaraan roda dua dan mobil berbodi rendah sulit menempuh jalur itu.

Kondisi serupa juga terjadi di ruas Muaro Kandang, seperti lokasi pabrik PT. AMP Plantation di Tapian Kandih, Palembayan, ketinggian air menutup permukaan jalan sehingga sepeda motor, dan kendaraan roda empat berbodi rendah tidak bisa melewati jalur itu.

” Air sampai setinggi lutut, sehingga tidak bisa dilewati, ” sebut Ario Eka Putra yang sempat tersekat di beberapa jalur jalan itu akibat banjir.

Disebutkan, luapan air dampak hujan lebat sejak Selasa kemarin itu menyebabkan aliran sungai meluap, apalagi di sepanjang jalur jalan tidak ada saluran drainase yang memadai sehingga air langsung memenuhi badan jalan .

” Kami himbau pengguna jalan yang melintasi wilayah itu untuk berhati-hati karena hujan masih turun, banjir masih belum surut, ” sebut Ario Eka Putra lagi.

Sementara informasi yang diperoleh kaba12, Jalinsum ruas Simpang Gudang Manggopoh-Pasaman sejak Selasa kemarin kerap tersekat karena dampak banjir dan longsor di wilayah Tapian Kandih.

Material longsor sudah berhasil dibersihkan petugas sementara volume banjir masih belum sepenuhnya suruh sehingga menyebabkan aktivitas warga terganggu termasuk akses lalulintas di sepanjang jalur jalan lintas Sumatera itu.

(HARMEN)

To Top