Kaba Terkini

Impian Warga Terwujud, Posko Damkar Siaga di Tanjung Raya

Maninjau, KABA12.com — Pemerintah Kabupaten Agam akhirnya merealisasikan penambahan posko Pemadam Kebakaran (Damkar) di wilayah Kecamatan Tanjung Raya dalam waktu dekat ini.

Penambahan posko Damkar itu bertujuan untuk mempercepat penanganan kebakaran di Kecamatan Tanjung Raya dan sekitarnya.

Camat Tanjung Raya Handria Asmi mengatakan, posko Damkar itu akan disiagakan di Maninjau persisnya di Balairung Sosial atau disamping kantor camat. Sedangkan garasi armada truk Damkar berada di samping kantor Walinagari Maninjau.

“Alhamdulillah, Pemerintah Kabupaten Agam akhirnya merespon keinginan masyarakat terkait pengadaan posko Damkar di Kecamatan Tanjung Raya. Insyaallah dalam bulan Februari ini personil bersama armada Damkar akan segera disiagakan,” kata Handria Asmi kepada KABA12.com, Jum’at (11/2).

Disebutkan, sebanyak 5 orang petugas Damkar Agam dan 1 unit armada akan disiagakan setiap hari di posko tersebut untuk mengantisipasi musibah kebakaran di wilayah Kecamatan Tanjung Raya.

“Jadi, petugas Damkar dan 1 unit armada akan siaga selama 24 jam di posko tersebut” ujarnya.

Menurutnya, keberadaan posko Damkar di Kecamatan Tanjung Raya sangat dinanti-nanti oleh masyarakat sejak beberapa tahun terakhir, karena akan dapat mempercepat proses penanganan jika terjadi musibah kebakaran.

Lebih lanjut disebutkan, dalam beberapa tahun terakhir sering terjadi musibah kebakaran melanda Kecamatan Tanjung Raya. Bahkan kondisi jarak yang cukup jauh dari Mako Damkar di Lubukbasung menjadi kendala dalam pemadaman, sehingga petugas terkadang mengalami keterlambatan tiba di lokasi.

“Kami memahami petugas Damkar akan langsung bergerak ke lokasi jika ada laporan kebakaran. Namun kondisi jarak yang cukup jauh menjadi kendala dalam penanganannya. Apalagi jika rumah yang terbakar berkonstruksi kayu maka akan lebih cepat dilalap api,” jelasnya.

Menyikapi kondisi itu, pihaknya selalu mengusulkan pengadaan posko Damkar kepada Pemkab Agam melalui Musrenbang tingkat kabupaten yang digelar setiap tahun.

“Setiap tahun kami selalu usulkan posko Damkar harus didirikan di Tanjung Raya. Alhamdulillah, pemerintah kabupaten akhirnya merespon, dan dalam waktu dekat akan disiagakan,” ungkapnya.

Baru-baru ini, musibah kebakaran menghanguskan 1 unit rumah warga di Jorong Batuang Panjang, Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam pada Selasa (8/2) kemarin sekitar pukul 17.00 WIB. Akibat peristiwa itu 3 orang korban dilaporkan mengalami luka bakar pada tubuh.

Sebanyak 3 unit armada Damkar Agam tiba dilokasi kejadian setelah api berhasil dipadamkan oleh masyarakat sekitar menggunakan mesin pompa air.

Penyebab kebakaran diduga berasal dari kompor gas elpiji yang ada pada bagian dapur rumah. Sementara total kerugian akibat peristiwa itu ditaksir mencapai Rp 150 juta.

(Bryan)

To Top