Kaba Bukittinggi

Himpaudi Bukittinggi Gelar Gernas Baku 2019

Bukittinggi, KABA12.com — Ratusan murid TK dan PAUD se kota Bukittinggi, mengikuti Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Himpaudi dan dibuka langsung Wakil Walikota Bukittinggi ini, digelar di Pedestrian Jam Gadang, Kamis (01/08).

Bunda Paud Bukittinggi, Ny. Yesi Endriani didampingi Noveni Kusma, Ketua Panitia Pelaksana, menjelaskan, Gernas Baku secara nasional dilaksanakan setiap tanggal 27 Juli 2019. Untuk itu, di Bukittinggi, telah dilaksanakan Gernas Baku di setiap sekolah secara serentak pada Sabtu (27/07) lalu.

“Untuk tingkat kota secara bersama, kita laksanakan hari ini di pelataran Jam Gadang. Dimana kegiatan ini bertujuan untuk lebih membiasakan orang tua agar membacakan buku untuk anak. Efeknya, bagaimana anak lebih suka membaca buku dan orang tua lebih banyak waktu untuk anak dan keluarga,” ungkap Yesi.

Gernas Baku Bukittinggi, dikuti sekitar 2500 peserta, terdiri dari perwakilan murid paud 101 lembaga di Bukittinggi, ditambah pembimbing dan orang tua murid.

Sementara itu, Wakil Walikota Bukittinggi, Irwandi, menyampaikan, penghargaan setinggi tingginya kepada Bunda Paud dan Himpaudi Bukittinggi yang telah melaksanakan kegiatan Gernas Baku di Bukittinggi. Gerakan membaca buku, menjadi sangat penting untuk mengenalkan dunia kepada anak.

“Buku adalah jendela dunia. Dengan membaca buku, banyak ilmu yang didapat. Untuk itu kegiatan ini sangat penting sebagai tameng dari efek negatif perkembangan teknologi. Karena tidak dapat dipungkiri, pada kondisi sekarang, berdasarkan hasil penelitian, 91,47% anak anak lebih suka menonton TV dan lebih bahaya lagi, orang tua banyak memberikan anak gadget. Uni yang harus diubah,” ujar Irwandi.

Wawako menilai, Gernas Baku merupakan kegiatan yang sangat tepat, agar para orang tua bisa mendekatkan buku kepada anak-anak sekaligus meluangkan waktu untuk keluarga dan anak.

“Kegiatan ini dapat mendorong anak-anak mulai mengenal huruf dan angka. Saat ini lebih diharapkan kepada generasi muda untuk dapat membaca buku untuk mendapat hal positif. Gerakan nasional membaca buku harus dikenalkan dan diterapkan dari dini. Sehingga hubungan emosional antara orang tua dan anak lebih dapat ditingkatkan,” jelas Wawako.

Kegiatan Gernas Baku secara remsi ditandai dengan pelepasan balon dilanjutkan dengan membaca buku bersama Bunda Paud Bukittinggi.

(Ophik)

To Top